Kamis, 18 Februari 2016 18:23 WIB

147 Personel TNI Ikuti Rakorkes 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebanyak 147 Personel TNI, terdiri dari 18 personel Mabes TNI, 50 personel TNI AD, 32 personel TNI AL, 15 personel TNI AU, 6 personel Kementerian Pertahanan, 12 orang undangan dan 14 orang sebagai peninjau, mengikuti Rapat Koordinasi Kesehatan (Rakorkes) TNI  Tahun 2016, di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/2/2016).

Kesempatan tersebut, dibuka secara resmi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI, Didit Herdiawan. Sasaran yang akan dicapai pada Rakorkes TNI Tahun 2016, yaitu terwujudnya persamaan persepsi, pola pikir dan pola tindak dalam penyiapan personel dan bekal kesehatan untuk melaksanakan dukungan kesehatan dan operasi latihan.

Kemudian, tercapainya percepatan pelaksanan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) rumah sakit dan penyiapan fasilitas kesehatan TNI dalam persiapan kredensialing untuk pelayanan kesehatan yang paripurna.

Selanjutnya, terwujudnya sinergitas dan interoperabilitas kesehatan TNI dalam memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan di lingkungan TNI. Terakhir, tercapainya peningkatan kemampuan personel kesehatan TNI yang profesional melalui kerja sama internasional bidang kesehatan.

Rakorkes TNI yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan profesionalisme kerja dibidang kesehatan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI dengan mengambil tema Dilandasi loyalitas, moralitas dan integritas komunitas kesehatan TNI siap memberikan dukungan operasi, latihan dan pelayanan kesehatan guna mewujudkan TNI yang hebat, kuat, profesional dan dicintai rakyat”.

Kasum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan, dalam amanatnya mengatakan  bahwa dengan tema tersebut kegiatan Rakorkes ini diharapkan akan mampu memberikan pencerahan kepada peserta Rakor tentang penyelenggaraan dukungan dan pelayanan kesehatan TNI,  agar tidak terjadi berbagai macam penafsiran dalam pelaksanaannya di lapangan.

“Rakorkes TNI merupakan forum yang tepat untuk mengevaluasi program kerja,  tahun anggaran yang lalu, sekaligus dalam upaya mencari dan menemukan inovasi baru sebagai upaya tercapainya kelancaran pelaksanaan tugas di bidang kesehatan,” ujarnya.

“Rakorkes TNI  dapat dimanfaatkan sebagai sarana evaluasi dan koordinasi program yang telah dan akan dijalankan, sehingga dapat dipergunakan oleh para pimpinan satuan kesehatan dan rumah sakit untuk memberikan masukan kepada pimpinan TNI sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan strategis maupun teknis di bidang kesehatan TNI,” katanya.

Didit Herdiawan juga memberikan beberapa penekanan kepada para peserta Rakorkes TNI, gara manfaatkan dengan baik sebagai sarana komunikasi  dan sinkronisasi antar komunitas kesehatan TNI, sehingga  diperoleh  kesamaan  persepsi dan interpretasi dalam melaksanakan  tugas pokok TNI. Kedua, laksanakan koordinasi dan upaya sebaik-baiknya dengan  instansi terkait, untuk mewujudkan fasilitas kesehatan yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku. Ketiga, laksanakan dukungan dan pelayanan kesehatan secara profesional, efektif dan efisien bagi prajurit dan keluarganya termasuk didalamnya  penanggulangan bencana dan bakti sosial lainnya.

Keempat, lakukan percepatan penyiapan pertanggungjawaban keuangan dengan pola PK-BLU, didetailkan, disiapkan, direncanakan, disatukan dan kalau sudah ada yang baik maka jadikan pilot projek untuk dicontoh yang lainnya. Kelima, manfaatkan hasil pelayanan masyarakat umum semaksimal mungkin bagi kesejahteraan prajurit TNI, PNS dan keluarganya di bidang kesehatan. Keenam, laksanakan kerjasama internasional bidang kesehatan dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan.

Pada Rakorkes TNI tahun 2016, para peserta Rakor akan menerima 12 materi pembekalan dari beberapa pembicara yang berasal dari kementerian dan lembaga diantaranya, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Direktur Utama Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan, Kepala Badan Pengembangan  dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kemenkes RI, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia dan Dirjen Anggaran Kemenkeu serta Kepala Pusat Kesehatan TNI.(exe/rri)
0 Komentar