Rabu, 09 Maret 2016 10:43 WIB

Begini Penampakan GMT di Belitung

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi di beberapa kota di Indonesia, menggemparkan seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya lokasi yang menjadi saksi GMT ini adalah Belitung

GMT yang terlihat di kota Belitung ini terlihat sangat indah. Meski sempat berawan, puncak gerhana matahari total akhirnya bisa dinikmati di Belitung. Pemandangan yang paling dinanti pun terlihat dari pesisir pantai Tanjung Kalayang, Belitung.

"Saya aja yang liat langsung merinding tidak percaya gelap banget tadi," ucap Okky, salah satu warga Jakarta yang berkunjung ke Belitung untuk melihat gerhana, Rabu (8/3/2016) pagi.

Diketahui, fenomena alam luar biasa ini dapat terjadi saat bulan melintas tepat diantara bumi dan matahari yang mengakibatkan bayangan bulan akan jatuh di permukaan bumi.

Daerah yang berada di dalam bayangan bulan akan mengalami gerhana. Dikarenakan ukuran matahari dan bulan di langit tampak sama besar. Adakalanya seluruh permukaan matahari tertuturi oleh bulan dan menghasilkan Gerhana Matahari Total.

 
0 Komentar