Kamis, 29 September 2016 06:55 WIB

Asian Beach Games V, Beach Rowing Persembahkan Emas 

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cabang olahraga beach rowing, mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia di Asian Beach Games V Da Nang, Vietnam, Rabu (28/09/2016).


Itu dihasilkan Chelsea Carputy, atlet asal Maluku yang turun di nomor CW1x. Chelsea membuat catatan waktu 3 menit 40 koma 090 detik.


Sementara Thailand harus puas dengan Perak dengan catatan waktu 3 menit 58 koma 607 detik. Menurut HPD Lomba 1 Satlak Prima yang memantau langsung, menuturkan jika beach rowing berbeda dengan rowing yang biasa dipertandingkan di Olimpic Games.


“Di beach rowing ini peserta lomba didahului dengan berlari sejauh 50 meter dari darat ke laut kemudian menggunakan perahu rowing berjarak 2 kali 300 meter dan kembali berlari ke tepian darat 50 meter,” ujar Hadi Wihardja.


Menurut Hadi, tanda-tanda Chelsea mampu memenangkan lomba di nomor ini sudah terlihat ketika ia tampil di Semi final. ”Di semifinal, Chelsea mengalahkan Vietnam,” ujarnya.


 Sementara itu, manajer tim rowing, Budiman Setiawan, mengemukakan tidak menduga sebelumnya kalau Chelsea yang turun di nomor CWx1 ini mampu merebut emas. “Terus terang ini diluar dugaan kami. Karena nomor ini tidak diprediksi, mengingat ada Thailand dan Vietnam yang sudah mempersiapkan diri cukup lama," imbuhnya.


”Memang target kita awalnya di nomor CM4X. Kendati demikian, peluang menambah emas masih berpeluang masih empat nomor lagi yang dikuti Indonesia,” ujar Budiman.


 Kemudian pimpinan rombongan Indonesia, Hellen Sarlita de Lima, menyatakan rasa bangga atas raihan emas pertama. Apalagi mengalahkan tim kuat dari Vietnam dan Thailand.


”Saya merasa bangga emas pertama dari beach rowing apalagi chlesea mampu mengalahkan Thailand. Mudah mudahan, Lagu Indonesia Raya berkumandang lagi dari cabang olahraga lain yang diikuti Indonesia,” kata Hellen.


Selain satu medali emas, cabang pencak silat juga mempersembahkan dua keping medali perunggu. Kedua medali perunggu itu dihasilkan di nomor tunggal putra melalui Dino Bima Sulistianto.


Sedangkan satu medali perak lainnya dihasilkan di nomor ganda putra, Haidir Agung Falatehan/Dede Setiadi. Lalu di cabang beach sepaktakraw, Indonesia meraih perunggu di nomor Men’s Trio. Di semifinal, Indonesia harus mengakui keunggulan Laos, 15-21 dan 4-21.(exe/ist)


0 Komentar