Minggu, 02 Oktober 2016 10:16 WIB

SPKT Polsek Cengkareng Terasa Humanis

Editor : Rajaman
Laporan: Rizky Adytia

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Maraknya tindak kejahatan yang sering terjadi, kerap menimbulkan rasa kekhawatiran yang mendalam. Namun, pihak kepolisian tak diam diri, aparat Negara tersebut akan melayani masyarakat untuk mencegah terjadinya kejahatan.

Pihak kepolisian akan terus memberikan pelayanan guna menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, salah satu upaya dalam memeberikan pelayanan adalah membuat kantor pengaduan bagi masyarakat bernama Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Kantor SPKT sendiri berfungsi sebagai tempat pelayanan pihak kepolisian kepada masyarakat, dalam bentuk penerimaan dan penanganan pertama laporan atau pengaduan, pelayanan bantuan atau pertolongan kepolisian sesuai dengan ketentuaan hukum yang berlaku.

Namun, kantor SPKT sendiri harus memberikan pelayan dan rasa nyaman bagi masyarakat sebagaimana yang telah diatur dalam strandar pelayanan SPKT guna memberikan kesan yang baik bagi para pelapor agar tidak sungkan terhadap polisi

Salah satu contoh kantor SPKT yang memberikan kenyamanan dalam pelayan bagi masyarakat dan sebagai salah satu kantor SPKT berada di Kantor Polisi Sektor Cengkareng, Polres Jakarta Barat.

"Kantor SPKT yang kami miliki sudah sesuai SOP yang berlaku, seperti suasana ruangan harus memeberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang ingin melapor," Ujar Kapolsek Cengkareng, Kompol Eka Baasith kepada Tigapilarnews.com, Sabtu(1/10/2016).

IMG-20161001-WA0007

Kantor SPKT yang berada di Kantor Polisi Sektor Cengkareng tersebut, sangat memberikan kesan nyaman bagi masyarakat yang ingin memberikan pengaduan dikarenakan terdapat berbagai fasilitas yang sangat memanjangkan.

Diruang tunggu kantor SPKT terdapat sofa panjang nyaman berwana hitam yang digunakan para pelapor untuk menunggu antrian untuk menyampaikan keluhan tepat di tengah ruangan tersebut terdapat sebuah meja kaca tempat meletakan air mineral dan snack yang diperuntukan bagi para pelapor, tidak hanya itu, ruangan tersebut dilengkapi pendingin ruangan Air Conditioner (AC),

Selain itu, disisi pokok luar ruang tunggu tersebut, berdiri tegas loker yang dikhususkan untuk para pelapor yang ingin menyimpan barang-barang bawaan mereka.

Tepat di dalam ruang SPTK terdapat tiga orang petugas yang senantiasa berjaga di belakang meja kayu berwarna coklat guna melayani masyarakat yang hendak melaporkan masalah tindak pidana dan perdata yang dialami.

Hal tersebut merupakan salah satu isi commader wish kapolri dimana perbaikan ruang publik dalam hal ini adalah ruang pelayanan SPKT haruslah nyaman dan petugasnya humanis.

"Disiapkan snack serta air minum yang siap saji tak lupa toilet yang bersih sehingga dikesankan bahwa kantor polisi tidak lagi menyeramkan, apalagi disambut dengan petugas yang ramah-ramah," Imbuh Kompol Eka Baasith

Salah satu warga sekitar bernama Mukidi(58) yang hendak mengurus surat kehilangan kendaraan bermotor mengaku sangat merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan para petugas SPKT Polsek Cengkareng.

"Pelayanan yang diberikan sangat baik dan saya merasa sangat membantu oleh bapak petugas yang melayani laporan saya, fasilitas juga baik ko, ruang tunggunya nyaman," papar Mukidi sembari tersenyum kepada Tigapilarnews.com.
0 Komentar