Selasa, 01 November 2016 20:30 WIB

Menkumham: Sinergitas UU Belum Maksimal Karena Ego Sektoral

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menilai sinergi pembentukan Undang-undang (UU) belum bisa maksimal akibat adanya ego sektoral antar lembaga. Saat ini dia menyiapkan RUU yang menjadi prioritas pemerintah dan berharap bisa disepakati DPR.

"Sinergitas dalam pembentukan UU belum maksimal akibat ego sektoral, kalau dulu saat saya jadi DPR kementerian sering menitipkan UU yang tidak bisa masuk ke DPR. Saat ini itu bisa kita cegah," ujar Yasonna di Hotel Mercure, Ancol, Selasa (1/11/2016).

Adanya sinergi antar lembaga tersebut diharapkan bisa mempercepat pembangunan bagi masyarakat. Untuk itu dia meminta pihak terkait untuk meninggalkan ego dan menggali kemampuan untuk mendukung pembangunan bagi masyarakat.

"Ini kita siapkan dan masuk dalam prioritas kita dan kalau ada keinginan DPR baru kita bisa sepakati, yang terpenting adalah sinergitas kementerian atau lembaga harus diutamakan. Kita tidak membuat UU untuk kementerian tertentu jadi ego sektoral pembentukan UU Perpres dan PP dan bahkan peraturan menteri harus mensinergikan dengan kementerian atau lembaga," ucap Yasonna.

Ia mengungkapkan, Hadirnya aturan yang sederhana dan sinergis sangat dibutuhkan untuk menggali SDA dan meningkatkan SDM untuk memberikan kesejahteraan dan akselerasi pembangunan.
0 Komentar