Senin, 07 November 2016 23:47 WIB

UBL Gelar MTB XC Open Championship 2016 dan Apresiasi Atlet

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Universitas Budi Luhur bersama JPG Mountain Bike Community menyelenggarakan Sinarmas Land-JPG MTB XC Open Championship 2016.

Arena balap akan berlangsung di tempat di Sirkuit Taman Kota 2, BSD City, 12-13 November 2016. “Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung.  Melalui kejuaraan ini diharapkan mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” ungkap Kasih Hanggoro, Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti  dalam keterangan persnya.

“Sudah ada tiga atlet sepeda gunung yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UBL. Mereka selain berprestasi di kampus, juga cukup berprestasi di kejuaraan-kejuaraan balap sepeda gunung yang diikuti ” ujar Kasih Hanggoro.

Sementara itu, Suryo Hapsoro Tri Utomo, selaku Rektor UBL, menambahkan jika ajang tersebut bertujuan untuk terus memberikan yang terbaik kepada para atlet atas prestasi yang telah mereka raih. Selain itu, ditambahkannya, bentuk kepedulian untuk regenerasi, dan memberikan bentuk hiburan yang menyegarkan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Kemudian Pangeran Ilham Baron, Ketua Komunitas JPG Mountain Bike Park, menuturkan ingin fokus pada prestasi para atlet dan penghobi sepeda gunung dengan mengadakan kelas lomba Men Master Beginner. Selain hadiah uang tunai, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa produk dari para sponsor.

Selain itu, JPG akan mengapresiasi para atlet MTB khususnya cabang XC yang pernah berhasil meraih medali emas di Sea Games dengan  memberikan plakat beserta uang tunai yaitu kepada Ferry “Sonic” sebagai peraih emas sebanyak dua kali untuk event MTB XCO Sea Games XIX 1997 di Jakarta dan XCO Sea Games XX 1999 di Brunei Darussalam, Dadi Nurcahyadi sebagai peraih satu medali emas di event MTB XCO Sea Games XXIII 2007 di Filipina.

 

Lebih dalam Ilham mengatakan, Track Taman Kota 2  sepanjang 3,3 km yang digunakan sebagai arena balap dibuat FLAGPEAK Racing System, merupakan track Cross Country dengan kategori teknikal, namun tidak melupakan hal yang utama yaitu keselamatan untuk semua peserta.

Rute dan karakter track telah disesuaikan dengan sepeda tersebut. Diharapkan, hal ini dapat menjadi penyegar bagi para pembalap dan penghobi sepeda gunung. Lomba balap sepeda cross country kali ini memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar Rp70 juta.

Komunitas JPG telah mengadakan lomba sejenis sebanyak tujuh kali di trek Taman Kota (Tako) 2 BSD sejak tahun 2010. “Komunitas ini senantiasa mengembangkan nilai-nilai positif bagi kelompok atau individu, terutama dalam membina rasa persahabatan sesama pesepeda, baik professional ataupun amatir,” tambah Ilham.(exe/ist)
0 Komentar