Jumat, 11 November 2016 11:39 WIB

Pecak Gurame Bikin Kangen Balik Lagi

Editor : Nurintan Irma
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pecak merupakan masakan khas Betawi. Kuahnya bening, rasanya pedas asem bikin kangen untuk datang lagi menyantapnya.

Jika Anda tengah diet makanan berlemak, pecak gurame atau ikan mas tepat menjadi pilihan makan siang bersama teman-teman sekantor.

Masakan khas Betawi ini tak menggunakan santan dan kacang, sehingga Anda tak perlu takut masalah kolesterol yang membuat kesehatan Anda terganggu, atau karena takut berat badan bertambah.

Hampir semua warung Betawi menyediakan masakan pecak pedas asem, di samping menu favorit lainnya seperti sayur asem atau ikan pesmol atau masakan pucung.

Warung khas Betawi di Jalan H. Kahfi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, menyediakan masakan pecak ini. Anda bisa berwisata kuliner ke sana, atau ada juga di Jalan Kiruntag, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat maupun di sejumlah warung Betawi lainnya.

Tapi jika Anda ingin berkreasi sendiri di dapur, resep ini bisa dijadikan pegangan untuk memandu Anda memasak pecak gurame. Hitung-hitung untuk membahagiakan keluarga, khususnya suami tercinta.

Bahan-bahan
500gr gurame
garam
lada
jeruk nipis

BUMBU HALUS

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2cm jahe
2cm kunyit
1cm kencur
1 ruas temu kunci
4 batang sereh, memarkan
20 cabe rawit merah, tergantung selera atau level pedas,

BUMBU RIAS

3 tomat hijau
4 belimbing wuluh
bawang merah secukupnya
air secukupnya
minyak goreng secukupnya
gula secukupnya
jeruk limau secukupnya

LANGKAH

Cuci ikan, lumuri garam, lada, air jeruk nipis. Diamkan 30 menit. Goreng dengan minyak panas.
Sangrai bawang merah, putih, jahe, kunyit, kencur, temu kunci.

Setelah itu hancurkan/ulek kasar bersama cabe rawit. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah diulek, serta sereh, sampai harum. Masukan air sedikit-sedikit, lalu masukkan tomat hijau, belimbing wuluh, bawang merah, air jeruk limo.

Tambahkan garam, gula sesuai selera. Tunggu hingga matang. Sajikan dengan menyiramkan bumbu pecak di atas ikan yang Sudah digoreng.(berbagai sumber)
0 Komentar