Selasa, 03 Januari 2017 12:12 WIB

Bangkai Kapal Zahro Express Akan Diangkat

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sisa bangkai kapal KM Zahro Express yang terbakar pada Minggu lalu saat ini telah dilabuhkan didermaga Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke Jakarta Utara. Rencananya untuk penyelidikan lebih lanjut, bangkai kapal akan diangkat oleh petugas KNKT.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kapolsek Sunda Kelapa Kompol Lindang Lumban T di posko terpadu pelabuhan Kaliadem, Jakarta Utara. Menurut Lindang, nantinya kapal akan diangkat di dermaga agar memudahkan pemeriksaan.

"Rencana memang diangkat, didermaga untuk diteliti oleh KNKT" ujar Lintang, di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Utara, Selasa (3/1/2017).

Pengangkatan itu, direncanakan menggunakan dua metode yaitu metode pengangkatan dengan Crane, dan juga dengan drum untuk mengambangkan kapal agar mudah dikaitkan dengan Crane.

"Pakai crane besar diangkat, atau bisa juga pakai Drum agar kapalnya ngambang" tambahnya.

Namun, ia belum bisa memastikan kapan pengangkatan bangkai kapal akan dilakukan meskipun dikatakan dalam waktu dekat.

"Rencana pengangkatan sudah ada dan saat ini sedang menunggu koordinasi pendatangan alat crane ke lokasi. Untuk waktunya kita belum pastikan, apakah siang ini, sore atau mungkin hari besok,masih kordinasi untuk peralatan" ungkap Lindang.

Saat ini, bangkainkapal KM Zahro sendiri terlihat telah tenggelam sebagian besar bagiannya. Kapal yang tinggal tersisa puing dan lambung itu terlihat miring ke kiri dan hanya tersisa sisi kanannya di permukaan air.
0 Komentar