Jumat, 06 Januari 2017 10:36 WIB

Harga Cabai Mahal, DPR Minta Jokowi Evaluasi Mentan

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mendesak Presiden Jokowi mengevaluasi sejumlah program yang dibuat Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Pasalnya, ia menilai kebijakannya tidak dapat mewujudkan ketahanan pangan, bahkan saat ini harga cabai begitu mahal.

"Presiden Jokowi harus melakukan evaluasi mendalam terhadap implementasi program-program yang selama ini dibuat oleh Mentan. Judul Program yang bagus belum memastikan hasilnya juga berjalan dengan bagus," ujar Ono, Jumat (6/1/2017).

Selain itu, politikus PDIP ini juga menilai, kebijakan Amran dalam mewujudkan kedaulatan pangan lebih mengarah kepada neoliberalisasi pangan sehingga tidak sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo.

Ia mencontohkan harga-harga daging sapi yang melambung tinggi setahun lalu hingga saat ini tidak berhasil diturunkan.

"Kekuatan Pasar yg pd akhirnya menentukan harga pangan di Indonesia. Produksi meningkat yg selalu digembar gemborkan Mentan hy sebagai Lips Service saja," ungkap politisi PDI Perjuangan itu.

Sebelumnya, harga-harga cabai di pasar melambung tinggi. Salah satunya, di Pasar Senen, Jakarta Pusat, harga cabai per kilogram mencapai Rp 130.000. Padahal, pada akhir tahun 2016 harga cabai masih di kisaran Rp 90.000 per kilogram
0 Komentar