Sabtu, 07 Januari 2017 08:48 WIB

Kerajaan Inggris Akan Lelang Catatan Tua Putri Diana

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Masyarakat dunia bisa mengoleksi barang-barang antik milik Kerajaan Inggris.

Pasalnya, dalam waktu dekat Kerajaan Inggris akan melelang catatan tua Putri Diana mengenai anak-anaknya pada 1980-an. Selain itu, daftar barang lelang akan meliputi foto, kartu Natal, dan kotak kue pernikahan Ratu Elizabeth II.

Putri Diana merupakan istri pertama Pangeran Charles. Mereka menikah pada 29 Juli 1981 dan dikaruniai dua anak, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Namun, rumah tangga mereka hanya bertahan sekitar 15 tahun. Sebelum meninggal pada 31 Agustus 1997, Putri Diana menulis banyak catatan harian. Dalam catatan itu Putri Diana berkisah tentang masalah-masalah yang menimpa Pangeran Harry sewaktu di sekolah.

Dia juga bercerita tentang bagaimana reaksi Pangeran William kecil menyambut adiknya yang baru lahir. “William membanjirinya dengan dekapan dan ciuman yang tak terbatas,” tulis Putri Diana.

Menurut Putri Diana, kelahiran bayi mungilnya tersebut benar-benar membuatnya bahagia. “Saking banyaknya kiriman bunga ke sini, saya bahkan merasa kesulitan bernapas,” papar Putri Diana dalam catatannya pada 1984 itu.

“William menyukai adik kecilnya dan membuat kami kesulitan mendekati Harry.” Seperti dilansir BBC, catatan itu menyimpan nilai sejarah.

Sebab, Putri Diana kerap mencurahkan perasaannya dengan mengandalkan tulisan tangan. Surat yang dikumpulkan mantan pembantu Istana Buckingham Cyril Dickman yang mencapai 40 tumpukan juga akan dilelang. Banderolnya sekitar 80-900 poundsterling.

Rumah lelang di Cambridgeshire Inggris, Cheffins, menyatakan catatan itu merupakan koleksi unik kerajaan yang berharga.

Dengan demikian, catatan itu kemungkinan akan dijual antara 300-900 poundsterling. Barang-barang itu dijual Keluarga Dickman yang mengepalai pembantu istana selama 50 tahun.

“Kami tak dapat memungkiri, barang-barang tersebut merupakan barang-barang favorit anggota keluarga Kerajaan Inggris,” ungkap Cheffins yang juga menerima catatan tangan berusia puluhan tahun dari petugas senior kerajaan.

Menurut Cheffins, catatan tangan Ratu di atas kertas Istana Windsor juga akan dilelang. Dickman meninggal di usia 85 tahun pada 2012. Catatan itu ditemukan cucunya.

Barang lain yang akan dilelang ialah kotak kue pernikahan Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip pada 1947, juga kartu Natal milik Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II, dan Pangeran Philip.

Kotak yang belum pernah dibuka itu akan dijual 200-300 poundsterling. Ahli dari Cheffins, Dylan Mander, mengatakan cucu Dickman datang ke Cheffins sambil membawa catatan masa lalu Putri Diana.

“Catatan itu berkisah tentang banyak hal. Ini merupakan catatan Putri Diana yang sangat langka dan menyentuh. Dickman tampaknya merupakan salah satu teman dekat Putri Diana,” katanya.(exe/ist)
0 Komentar