Minggu, 15 Januari 2017 15:57 WIB

Pengamat Politik UII Yogyakarta: Anies-Sandiaga Unggul dalam Debat Perdana Pilgub DKI 2017

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hermawan
Debat cagub dan cawagub DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Pasca debat kandidat para cagub dan cawagub DKI Jakarta, yang dihelat KPUD DKI, Jumat (13/1/2017) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, membuat sejumlah pengamat politik menilai pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandiaga) lebih unggul dari kompetitor lainnya.

Satu di antaranya pengamat politik dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Masnur Marzuki.

Masnur mengatakan, pasangan urut nomor 3 itu memiliki cara penyampaian yang baik dan mempunyai beberapa gagasan baik di bidang pendidikan hingga ekonomi kreatif.

"Dalam debat kemarin saya sepakat paslon nomor 3 juaranya, dan itu tidak mengherankan karena Anies hebat dalam rektorika serta diimbangi Sandi yang santun dan tenang. Keduanya terlihat melengkapi satu sama lainnya," tandas Masnur, ketika dihubungi, Minggu (15/1/2017).

Selain itu, dalam debat perdana Jumat lalu, ketiga pasangan calon gubernur DKI Jakarta terlihat seimbang. Karena saling memberikan argumentasi beserta gagasan yang membuat masyarakat dapat menentukan pilihannya pada Pilgub DKI 2017, tanggal 15 Febuari mendatang.

"Penampilan ketiga paslon relatif seimbang, masing-masing berhasil memaparkan visi misi dan program kerja kedepan kepada publik," ungkap Masnur.

Pilgub DKI Jakarta 2017 diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni (Agus-Sylviana) yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN.

Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) yang diusung PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Nasdem.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandiga) yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Tiga pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta tersebut akan kembali melakoni debat kandidat kedua yang akan digelar KPUD DKI pada tanggal 27 Januari 2017.