Sabtu, 21 Januari 2017 16:20 WIB

Wapres Jusuf Kalla Kunjungi Destinasi Tana Toraja

Reporter : Fahad Tholib Editor : RB Siregar
Wapres Jusuf Kalla didampingi Menpar Arief Yahya kunjungi destinasi wisata Toraja.(ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Keunikan tradisi dan budaya khas Toraja, betul-betul menarik perhatian Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. 

Pria yang lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 itu, Sabtu (21/1/2017) terbang ke Sulsel, untuk meninjau destinasi wisata Toraja. 

Wapres  mengajak Menpar Arief Yahya, yang baru saja landing dari Singapura setelah mengikuti ATF 2017, ASEAN Tourism Forum sejak 18-20 Januari 2017.

Toraja yang  berada di Provinsi Sulsel, persisnya di Kab Tana Toraja dan Toraja Utara, memang belum masuk dalam lis 10 Bali Baru, atau 10 Top Destinasi Prioritas. 

Tetapi Toraja sudah punya pamor di Eropa karena keunikan budaya, heritage, arsitektur nusantara dan kopi-nya. 

Toraja sudah mendunia, dan aktif mengikuti ITB Berlin, travel market terbesar di dunia itu. 

“Saya akan mendampingi Pak JK, panggilan akrab Wapres Jusuf Kalla, untuk meninjau Toraja,” aku Menpar Arief Yahya, saat mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pukul 23.00 WIB, Jumat (20/1/2017).

Seperti diketahui, ada banyak peninggalan situs sejarah zaman megalitikum di sana. Artefak itu merupakan world heritage, dan menjadikan Toraja sebagai destinasi heritage tourism kelas dunia. 

“Banyak Antropolog ternama dunia mengunjungi Toraja. Mereka mengagumi peninggalan kebudayaan megalitik, dan tradisi unik yang masih terpelihara baik sampai sekarang. Para Antropolog ini menulis  keunggulan wisata budaya Toraja di media maupun journal ilmiah sehingga memiliki news value yang tinggi," ucap Menpar Arief.