Senin, 23 Januari 2017 12:56 WIB

Gubernur Jambi Ngamuk di RS, Ini Kata Sumarsono

Reporter : Evi Ariska Editor : Rajaman
Gubernur Jambi Zumi Zola saat ngamuk di RS

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, turut berkomentar terkait kemarahan Gubernur Jambi Zumi Zola kepada staf rumah sakit.

Menurut Sumarsono hal itu sudah menjadi kewenangan seorang pemimpin atau kepala daerah memang diberikan diskresi sebagai pejabat untuk mengambil tindakan terhadap jajaran staf dibawahnya.

"Saya kira itu kewenangan kepala daerah, hanya saja tidak ada dalam aturan. Seorang pemimpin harus mempedomani namanya etika pemerintahan. Etika pemerintahan adalah apa yang kita rasakan, dan kita pikirkan dan kita rasakan baik," kata Sumarsono di Balaikota DKI, Senin (23/1/2017).

Sebagai seorang pejabat, Sumarsono menilai hal itu sangat relatif, apa yang dipikir benar atau dirasakan baik menurut nilai-nilai sosial budaya masyarakatnya itu sendiri.

"Itu sebenarnya dari nilai etika pemerintahan saja yang jadi ukuran," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, Gubernur Jambi Zumi Zola melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mataher, Jambi, Jumat (20/1/2017). 

Ia juga tampak memarahi beberapa perawat jaga yang ditemuinya karena apa yang yang dikeluhkan masyarakat tentang pelayanan di RSUD tersebut ternyata sesuai fakta di lapangan.

"Saya sudah mendengar banyak keluhan setelah jam 12 atau sebelum, kalian sudah tidur, tidak bisa seperti ini. Masyarakat sudah banyak mengeluh, RS ini sangat jelek, padahal ini panduan RS Pemerintah di Jambi, malu,"kata Zola saat sidak tersebut.