Kamis, 09 Februari 2017 21:21 WIB

Kontingen AWG VIII Diharapkan Tampil Maksimal

Editor : Yusuf Ibrahim
Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Winter Games (AWG) VIII tahun 2017. (poto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, mengukuhkan dan  melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Winter Games (AWG) VIII tahun 2017 di  Aula Wisma Kemenpora, Kamis (09/02/2017) siang.
 
Menpora Imam mendukung keberangkatan atlet Indonesia yang akan bertanding di Sapporo, Jepang, 19-26 Februari 2017. “Kalian datang ke Jepang membawa nama Indonesia. Semoga di sana bisa menorehkan sejarah bagi Indonesia," katanya.
 
"Seluruh rakyat Indonesia melepas kalian semua yag akan bertanding. Meskipun kita tidak punya musim dingin tapi karena kemauan dan tekad yang kuat kita bisa berpartisipasi AWG 2017,” ucap Imam.
 
Dalam pelaksanaan olahraga musim dingin Asian ini, Indonesia diwakili tiga cabang, yakni ice hockey, figure skating, dan short track speed. Meski cabang olahraga ini belumlah terlalu populer di Indonesia, sebenarnya berbagai prestasi internasional telah ditorehkan, baik secara tim maupun individu.
 
“Walaupun kita negara panas, tapi kita punya banyak fasilitas cabang olahraga musin dingin ini seperti ice skating. Fasilitas ice skating ada di beberapa tempat yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Dan cabang olahraga ini sudah masuk dalam agenda pemerintah bersama KOI. Kita akan terus mendorong cabang olahraga winter ini sebagai  bagian strategis untuk mendorong lahirnya prestasi  olahraga nasional pada cabang olahraga musim dingin dan proyeksi perolehan medali,” tambah Imam.
 
Masih kata Menpora, karena keikutsertaan Indonesia yang pertama kali  di Asian Games Winter ini, pemerintah mengucapkan terima kasih kepada semua atlet, orang tua dan offsial.
 
“Ini kalau bukan karena kemauan yang kuat kita tidak mungkin ikut berpartisipasi di  Asian Games Winter ini. Ini juga dorongan bagi KOI dan INASGOC  untuk belajar pada Jepang. Jepang berbagai macam event sudah mereka siapkan, termasuk Olimpiade 2020. Asian Games Winter sebagai bagian dari pra olimpiade yang mereka siapkan. Ini bagian terpenting bagi KOI dan INASGOC untuk menyiapkan Asian Games 2018 sebaik mungkin,” tutupnya.
 
Sementara itu, Erick Thohir menyambut baik sekaligus mendukung penuh keikutsertaan Indonesia pada tiga cabang olahraga ini di pentas Asian Winter Games 2017 Jepang. Harapannya ketiga cabang ini bisa turut memberikan prestasi semaksimal mungkin.
 
Selain itu, keikutsertaan Indonesia di ajang ini dinilainya membawa promosi yang baik bagi Indonesia untuk mempopulerkan cabang olahraga musim dingin di masyarakat kita.
 
“Ini juga kesempatan besar bagi para atlet yang berlaga untuk bisa unjuk gigi dan berjuang menorehkan pestasi untuk olahraga Indonesia. Nilai positif lainnya, partisipasi mereka akan membawa dampak yang baik khususnya sebagai salah satu duta olahraga musim dingin,” ujar Erick. 
 
Hadir dalam pelepasan ini, di antaranya Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta,  Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S. Dewa Broto, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Tono Suratman, Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima)  Ahmad Sutjipto, dan Asdep Olahraga Prestasi, Chandra Bhakti. (exe/ist)