Jumat, 10 Februari 2017 13:18 WIB

DPRD DKI Imbau Pusat Perbelanjaan Tutup Sementara Saat Pencoblosan

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Ketua Komisi A DPRD DKI, Riano P Ahmad. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jelang Pilkada DKI 2017, Ketua Komisi A DPRD DKI, Riano P Ahmad mengimbau kepada seluruh sentra ekonomi baik mall hingga supermarket tutup selama proses pencoblosan Rabu (15/2/2017). 

Hal ini guna menghormati para karyawan yang memiliki hak suara agar dapat memberikan hak suara mereka dalam pilkada DKI 2017.

"Kalau mau ada aktivitas dimulai setelah waktu pencoblosan sekitar pukul 13.00 WIB saat TPS ditutup, hargai karyawan yang memiliki hak suara," ujar Riano, di Gedung DRPD DKI, Jumat (10/2/2017).

Meski sudah ada edaran libur pada 25 februari 2017, tetapi ia khawatir jika masih ada toko, supermarket dan mall yang akan tetap buka. Sehingga ia meminta Satpol PP dan polisi untuk memonitoring aktivitas ekonomi tutup sampai pencoblosan selesai.

"Kalau tidak dilakukan (Tutup) maka akan diambil tindakan, karena ini tidak menghormati proses pilkada yang sedang berlangsung, kita mau partisipasi warga seluruhnya datang memberikan hak suara," jelasnya. 

Tak hanya meminta aparat hukum, pihaknya juga meminta kepada pimpinan wilayah dari walikota, camat hingga lurah untuk menyosialisasikan di kawasannya masing-masing.

"Sejak sekarang, (Walikota, camat, dan lurah) sudah mulai sosialisasi ke seluruh tempat aktivitas perekonomian agar semuanya ikut dalam proses pemberian hak suara," tandasnya.

Diwartakan sebelumnya, Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono menyatakan bertepatan Pilkada serentak pada tanggal 15 februari 2017, seluruh kegiatan sekolah maupun perkantoran diliburkan.

"Saya tegaskan tanggal 15 februari itu Jakarta libur, daerah yang menyelenggarakan pilkada libur ya," ujarnya di Balaikota DKI, Kamis (9/2/2017).