Kamis, 16 Februari 2017 21:01 WIB

BNN Gunakan Rumah Freddy Budiman Jadi Kantor Operasional

Reporter : Rizky Adytia Editor : Danang Fajar
Humas BNN, Slamet Pribadi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat RI akan 'menyulap' rumah mewah di Komplek Pantai Mutiara, Blok R15, RW16, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara sebagai kantor operasional.

Rumah mewah bertingkat tiga tersebut merupakan aset Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Pony Tjandra (47), salah satu jaringan atas dari Freddy Budiman yang belum di eksekusi.

Kabag Humas BNN Pusat, Kombes Pol Slamet Pribadi menuturkan, pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung untuk melaksanakan serah terima dan MOU terkait penggunaan aset sitaan negara tersebut.

"Hari Senin nanti rencananya akan diserah-terimakan oleh KaBNN setelah sejak 3 tahun lalu disita. Nilai rumah mencapai antara Rp 17 hingga 20 Miliar ketika hendak dilelang," tutur Slamet kepada wartawan, Kamis (16/2/2017).

Selain rumah mewah tersebut, belasan aset bernilai fantastis juga telah di sita dari gembong narkoba tersebut.

"11 item lainnya yang disita diantaranya berupa 1 unit rumah di Cempaka Baru Kemayoran, 1 unit Jaguar, 1 unit Honda Odysey, 2 unit jet ski, 3 unit Harley Davidson, 29 item perhiasan, 6 sertifikat tanah," ucapnya.

Rumah mewah tersebut nantinya akan dipergunakan sebgai pos pantau interdiksi, kantor cabang operasional, sekaligus safehouse dari para bandar-bandar tangkapan BNN Pusat yang memiliki TKP sekitar perairan Teluk Jakarta, Jakarta Utara, ataupun Jakarta Barat.

"Rumah ini dahulunya saat masih dipakai oleh tersangka, rumah ini dijadikan tempat untuk berpesta pora oleh tersangka," pungkasnya.

Sebelumnya, Pony Tjandra (47) salah satu bandar jaringan Aceh dengan nilai transaksi mencapai Rp 600 Miliar diciduk BNN Pusat pada 25 September 2014 lalu bersama istrinya Santi (47) dengan barang bukti 57 ribu butir pil ekstasi yang diseludupkan melalui laut dan disembunyikan di ruang kosong internit lantai dua rumah tepi pantai tersebut.


0 Komentar