Kamis, 23 Februari 2017 13:48 WIB

Ketua Ikatan Keluarga Betawi Sayangkan RPTRA Baung Minim Ornamen Betawi

Editor : Hermawan
Gubernur Ahok meresmikan RPTRA Baung di Jalan Baung, RT 04/RW 02, Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/2/2017). Foto: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Ketua Ikatan keluarga Betawi Kebagusan, Mudas mengomentari kondisi ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Baung di Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mudas mengatakan RPTRA Baung minim ornamen Betawi.

RPTRA Baung tersebut baru saja diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Kamis (23/2/2017).

"Saya harapkan bangunan sudah indah, tapi corak budaya Betawi kurang Gigi Balang ornamen Betawi," kata Mudas, Kamis (23/2/2017).

Sebagai orang Betawi, Mudas merasa malu di kawasan tempat tinggalnya yang disebut sebagai Kampung Betawi, tetapi tidak ada ornamen Betawi sedikit pun.

"Supaya kalau terasa di sini Kampung Betawi. Malu saya kalau enggak ada corak Betawi-nya," tandas Mudas. 

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan bahwa konsep pembangunan RPTRA ini sebelumnya sudah dibahas oleh warga sekitar bersama dengan perusahaan yang memberikan CSR untuk pembangunan RPTRA Baung. 

"Pak Mudas mungkin tak ikut pertemuan yang kami selenggarakan. Seperti pembangunan RPTRA bukan saya yang buat. Perusahaan pemberi CSR ngomong sama masyarakatnya, 'Anda maunya (RPTRA) seperti apa'," kata Ahok. 

Ahok menegaskan bahwa RPTRA Baung kental dengan konsep budaya Betawi. Selain itu, Ahok pun menjelaskan nuansa budaya Betawi juga diaplikasikan dalam pembangunan JLNT koridor 13 Transjakarta relasi Ciledug-Tendean, yaitu ornamen Gigi Balang.

"Di koridor 13 itu ada (ornamen Betawi) Gigi Balang. Saya bilang dicat kuning hijau," ungkap Ahok.

Akan tetapi, Ahok mengaku mendapat protes lantaran ornamen Gigi Balang pada koridor 13 Transjakarta dianggap norak.

"Di jalan orang marah sama saya, ‘Masa jalan layang  (JLNT) dikasih Gigi Balang'. Namanya juga mau tunjukin khas Betawi kok. Menurut saya bagus karena saya orang kampung," pungkas Ahok.

 


0 Komentar