Sabtu, 25 Februari 2017 12:01 WIB

Komisi I: Dua Agenda Besar Harus Jadi Pembicaraan dengan Raja Salman

Editor : Rajaman
Sukamta (dok/luki)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan, ada dua agenda besar yang harus dibicarakan pemerintah Indonesia dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Dua agenda besar itu, lanjut Sukamta, pertama, kunjungan Raja Salman ini harus mampu mendorong hubungan yang lebih erat antara Indonesia dengan Arab Saudi. Dengan peningkatan hubungan bilateral ini diharapkan memiliki dampak peningkatan volume perdagangan dan investasi.

"Saya mendengar Arab Saudi bersiap investasi senilai Rp 300 triliun, ini jelas sangat baik bagi Indonesia. Penguatan hubungan bilateral ini juga bisa dimanfaatkan Indonesia untuk mengusulkan solusi perlindungan TKI di Arab Saudi," ujar Sukamta melalui keterangan pers, Sabtu (25/2/2017).

"Selain itu yang tentu diharapkan oleh ummat Islam di Indonesia, adanya tambahan kuota Haji. “Saya berharap dalam pembicaraan yang dilakukan pemerintah RI bisa mendorong adanya kesepakatan atau MOU kedua belah pihak atas 3 hal tersebut dan ini akan sangat bermakna bagi Indonesia,” tambah Sukamta.

Dia pun juga mengatakan, agenda kedua tidak kalah strategis adalah menguatkan peran kedua negara dalam isu regional Asia khususnya di kawasan dunia Islam. Indonesia merupakan negara berpenduduk Islam terbesar sementara Arab Saudi dengan keberadaan Mekkah dan Madinah sebagai Kota Suci Ummat Islam dihormati oleh negara-negara Islam.

"Pembicara soal ini akan sangat terkait dengan isu terorisme yang katanya akan dibahas oleh kedua negara. Selama konflik terus berjalan, akan menyuburkan tumbuhnya kelompok radikal seperti ISIS. Maka resolusi konflik perlu diwujudkan dan saya optimis kedua negara dapat memainkan peran ini dengan baik," tandasnya.

Raja Salman beserta rombongan akan melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Meskipun kunjungan resmi kenegaraan hanya 1-3 Maret, selebihnya Raja Salman akan mengisi waktunya dengan liburan ke Denpasar, Bali.


0 Komentar