Sabtu, 25 Februari 2017 13:32 WIB

Tahun Ini, Dinas Pendidikan DKI Gelar UNBK 100 Persen

Editor : Hermawan
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adriyanto. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dinas Pendidikan DKI Jakarta memastikan tahun ini akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen.

Tahun sebelumnya masih ada beberapa sekolah yang menggelar UN secara secara konvensional.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adriyanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan UNBK tahun ini.

"Ujian nasional di DKI Jakarta tahun ini sudah 100 persen UNBK, ujian nasional berbasis komputer. Jadi seluruhnya akan menggunakan komputer," jelas Sopan, Sabtu (25/2/2017).

Pelaksanaan UNBK ini berlaku di jenjang sekolah yakni tingkat SMP dan SMA. Sopan memastikan seluruh perangkat mulai dari komputer hingga internet akan dipersiapkan secara matang. Sehingga diharapkan saat pelaksanaannya tidak ada kendala.

"Komputer sudah ada, yang belum punya bisa disubsudi dari sekolah lain. Intinya kami di 2017 sudah UNBK semua. Internet juga tidak ada masalah, setiap sekolah kapasitasnya sudah dinaikkan untuk menunjang UNBK," tandas Sopan.

Masing-masing sekolah telah memberikan pelatihan kepada siswa untuk pelaksanaan UNBK. Telah dilakukan beberapa kali try out menggunakan komputer agar siswa terbiasa menggunakan komputer untuk menjawab soal-soal.

Sementara untuk pelaksanaan UN tingkat SD, menggunakan sistem Ujian Sekolah Berstandar Daerah (USBD). Siswa tidak menggunakan komputer dalam mengisi soal.

"Untuk SD tidak diterapkan UNBK, tetapi USBD," pungkas Sopan.

 


0 Komentar