Senin, 27 Februari 2017 17:30 WIB

Moonlight Jadi Film Terbaik Oscar 2017

Editor : Hendi Rekindo
Gelaran Academy Awards atau Piala Oscar ke-89 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gelaran Academy Awards atau Piala Oscar ke-89 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Dipandu oleh Jimmy Kimmel, malam puncak penganugerahan tertinggi bagi insan-insan perfilman dunia ini berlangsung dengan meriah. Deretan aktor dan aktris kenamaan turut hadir menyemarakan Piala oscar 2017.

Film La La Land sukses mencuri perhatian di Piala Oscar tahun ini. Bukan tanpa alasan, saat dikutip dari THR, film drama musikal ini menyamai rekor film Titanic dan All About Eve sebagai film dengan nominasi terbanyak dalam sejarah Piala Oscar. Ketiga film tersebut sama-sama meraih 14 nomine Oscar.

Selain pemeran aktor dan aktris terbaik oleh Ryan Gosling dan Emma Stone, La La Land juga muncul sebagai kandidat pemenang untuk kategori Naskah Asli Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Kostum Terbaik. Tak ketinggalan lagu “City of Stars” dan “Audition (The Fools Who Dream)” masuk nominasi dalam katagori OST Terbaik.

Namun dari 14 nomine yang didapatkan, La La Land hanya berhasil meraih enam piala saja. Dimana dua di antaranya direbut oleh Emma Stone sebagai Best Actress dan Damien Chazelle sebagai Best Director.

Selain La La Land, nama aktor Mahershala Ali juga sukses mencuri perhatian penonton dengan masuk sebagai daftar pemenang Piala Oscar 2017. Tampil gemilang saat berperan sebagai Juan dalam film Moonlight, membuat pria berusia 43 diganjar penghargaan Best Supporting Actor mengalahkan para pesaingnya seperti Michael Shannon, Dev Patel, Jeff Bridges, dan Lucas Hedges. Mahershala Ali juga sekaligus menjadi muslim pertama yang mampu membawa pulang piala oscar dalam sejarah.

Film terbaik Oscar 2017 jatuh kepada Moonlight. Film drama yang mengisahkan seorang anak muda homoseksual berkulit hitam itu berhasil mengalahkan La La Land yang sebelumnya sangat dijagokan dalam ajang Academy Awards ke-89 ini.

Ada sembilan film yang masuk nominasi Film Terbaik tahun ini, yaitu Arrival, Fences, Hacksaw Ridge, Hell or High Water, Hidden Figures, La La Land, Lion, Manchester by the Sea, dan Moonlight.

Kemenangan Moonlight mengejutkan banyak pihak, meski memang film ini pantas menerima piala tersebut. Menariknya, presenter Warren Beatty salah sebut dan mengumumkan La La Land sebagai pemenangnya. Meski para kru dan pemain sudah naik ke atas panggung, ia pun mengoreksi dan memanggil Moonlight untuk mengambil pialanya.

Seperti pernah diprediksi sebelumnya, Moonlight jadi kuda hitam setelah protes terhadap Trump meruak luas. Film yang dibintangi Barry Jenkins ini sudah jadi sorotan sejak debut pada festival di musim gugur tahun lalu.


0 Komentar