Senin, 13 Maret 2017 17:51 WIB

Polri Temukan 12 Kg Bahan Peledak Saat Geledah Rumah Agus

Reporter : Asropih Editor : Danang Fajar
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar (Asropih)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sejumlah zat kimia dan bahan baku pembuatan bahan peledak jenis Triacetone Triperoxide (TATP), ditemukan di kediaman pelaku terduga teroris bom panci Agus alias Abu Muslim, di Jalan Kebun Gadang 3, Maleker, Batu Nunggal, Kota Bandung.

"Dalam penggeledahan itu tim Densus menyita bahan peledak jenis TATP, panci, baterai, kabel, H2O2, bayclin, pembersih lantai, asam nitrat, serta racikan bom yang telah dilakukan disposal. Termasuk,  termometer, dan tas ransel," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Polisi bintang dua ini menuturkan, ada 12 kilogram TATP yang ditemukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat penggeledahan beberapa waktu lalu.

"Jika itu diledakkan seluruhnya, maka bahan peledak tinggi primer itu akan menghasilkan kekuatan mencapai 5.300 meter per detik," ungkapnya.

Selain itu, menurut Boy, jika 12 Kg TATP itu diledakan seluruhnya, mampu menyebabkan efek dari mata rantai ledakan yang lebih luas.

"Kita masih beruntung waktu di Pandawa lemparannya gak jauh. Kalau full panci itu bisa jadi seperti paku" tutup Boy.


0 Komentar