Senin, 13 Maret 2017 21:35 WIB

Wiranto Harap Kerja Sama Indonesia dengan AS Tetap Dilanjutkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Mike Pence. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menyebutkan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Wiranto, usai bertemu dengan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (13/03/2017).

"Rencana kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia dibahas dalam pertemuan tersebut," ujarnya.

Mantan Panglima TNI itu, dalam pernyataannya tidak merinci waktu kunjungan Wapres AS Mike Pence ke Indonesia. 

Namun, ia menuturkan dalam lawatannya yang pertama kali sebagai Wapres AS, mantan gubernur negara bagian Indiana tersebut juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Saya dan Dubes AS juga sudah diskusi substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan untuk Presiden Jokowi. Tadi sudah kita bicarakan hal-hal yang menyangkut masalah strategis kedua negara," kata Wiranto.

"Jika kita menengok sejarah, pengakuan atau hubungan diplomatik antara pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia sudah berlangsung cukup lama, sejak Desember 1949. Berarti empat tahun setelah merdeka, kita sudah memiliki hubungan diplomatik dengan AS," jelasnya.

Karena itu, dengan adanya pemerintahan baru di AS, Menko Polhukam berharap kerja sama yang sudah terjalin antara negara Paman Sam dan Indonesia dapat tetap dilanjutkan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson sudah akan terlebih dulu melakukan kunjungan pertamanya ke sejumlah negara Asia, di antaranya Jepang pada 15 Maret, kemudian ke Korea Selatan pada 17 Maret, dan selanjutnya China pada 18-19 Maret 2017.(exe/ist)


0 Komentar