Jumat, 17 Maret 2017 08:36 WIB

AS Lakukan Pendekatan Baru Terhadap Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Rex Tillerson. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, mengatakan ancaman nuklir Korea Utara (Korut) terus meningkat.

Hal ini, menurutnya menunjukkan kebutuhan yang jelas untuk pendekatan baru terhadap Korut. Namun, ia enggan merinci langkah-langkah yang akan diambil pemerintah baru AS. 

Berbicara pada konferensi pers setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Tillerson menuturkan sudah dua dekade AS menggunakan metode dan pendakatan yang sama terhadap Korut. Namun, sejauh ini tidak ada yang efektif untuk menekan Korut.

"Dua dekade upaya diplomatik dan lainnya, termasuk bantuan yang diberikan ke Korut oleh AS , telah gagal untuk mencapai tujuan agar Pyongyang menghentikan program nuklirnya," kata Tillerson, seperti dilansir Reuters pada Kamis (16/3).

"Dalam menghadapi ancaman yang selalu meningkat ini, jelas pendekatan yang berbeda diperlukan. Salah satu tujuan dari kunjungan saya ke daerah ini untuk bertukar pandangan mengenai pendekatan baru," sambungnya.

Kunjungan Tillerson ke Jepang adalah bagian dari tur Asia yang dia lakukan. Setelah Jepang, Tillerson akan melakukan kunjungan ke dua negara Asia lainnya yakni Korea Selaatan (Korsel) dan juga China.

Saat berkunjung ke Beijing, Tillerson dikabarkan akan memperingatkan para pejabat China bahwa AS akan meningkatkan pertahanan rudal di wilayah tersebut dan menargetkan bank Cina jika Beijing tidak membatasi ambisi nuklir dan rudal Korea Utara.(exe/ist)
 


0 Komentar