Senin, 20 Maret 2017 13:59 WIB

Pengamat: Problem Pemilu Bukan Soal Terbuka Tertutup

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Sri Budi Eko Wardanu saat menjadi pembicara (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Sri budi Eko Wardanu menegaskan problematika pemilu di Indonesia bukan hanya soal sistem proporsional terbuka dan tertutup saja.

Melainkan lebih kepada jangka waktu berlakunya sistem tersebut, sehingga tidak kemudian setiap waktu peraturan terus dirombak.

"Buat saya bukan hanya tertutup terbuka tapi everlastingnya, 5 tahun ganti, kapan substansinya kalo tiap tahun ganti teknisnya, artinya ekses yang coba kita tanggulangi terpenuhi enggak," kata Sri di Kantor PPSN (Pusat Pengkajian Strategi Nasional), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Sri mengatakan kedua sistem baik terbuka maupun tertutup memiliki kekurangan dan kelebihan, salah satunya dalam sistem terbuka politik uang menjadi problematika utama yang sangat dirasakan.

Meski begitu, Sri ragu sistem proporsional tertutup bisa menghapuskan problematika money politic tersebut.

"Masalahnya adalah sampai hari ini pembahasan di DPR belum secara jernih ini kelebihan manfaat terbuka dann tertutup kemudian kita jembatani pasal-pasalnya, kita kemudian hanya tertuju kepada sistem tertutup hanya untungkan PDIP dan Golkar sedangkan terbuka ke Demokrat, PAN dan lainnya, Konsekuensi logis belum bisa," tandasnya.


0 Komentar