Sabtu, 25 Maret 2017 08:02 WIB

Lorenzo Sindir Perbedaan Catatan Waktu Rossi dan Vinales

Editor : Yusuf Ibrahim
Jorge Lorenzo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dalam debut resminya bersama Ducati di MotoGP, Jorge Lorenzo menempati posisi kelima dalam sesi latihan bebas I (FP1) seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (24/3/2017) dinihari WIB.

Hasil yang terbilang positif, namun ia merasa kurang puas, terutama jika dibandingkan dengan Maverick Vinales.

Pada tiga menit terakhir, Lorenzo sempat merebut posisi pertama dari pembalap anyar Yamaha itu. Akan tetapi, hanya berselang satu menit kemudian, Vinales kembali mengambil alih posisi teratas dan mempertahankannya hingga FP1 berakhir.

Lorenzo sempat berada di posisi keempat, tapi ia lalu dipaksa turun oleh rookie Jonas Folger. Pembalap Spanyol itupun akhirnya menempati posisi kelima dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55,607 detik.

“Posisi dan hasil tidak buruk. Tapi kami jauh di belakang dibandingkan saat tes dan dibandingkan dengan Vinales, yang sangat kuat. Dia mencetak catatan waktu yang sama seperti tes, tapi dalam kondisi yang jauh lebih buruk. Itu berarti, bahkan dalam kondisi lebih buruk, Vinales dan Yamaha sangat kompetitif,” beber Lorenzo pascalatihan bebas I MotoGP Qatar 2017 seperti dilaporkan Motorsport.

Disinggung tentang catatan waktu Valentino Rossi dan Vinales, yang terpaut hampir 1,5 detik, Lorenzo pun menjawab: “Mengejutkan ada begitu banyak perbedaan antara Vinales dan Valentino. Itu sangat besar.”

Sementara itu, raihan yang ditorehkan Lorenzo dalam FP1 tak sebaik saat tes pramusim hari terakhir di Qatar. Saat itu, ia mencetak catatan waktu terbaik 1 menit 54,519 detik. Kendati demikian, perlu diingat bahwa kondisi trek saat FP1 berbeda dengan sesi tes.

“Kami sedikit kesulitan dengan (kompon) ban hard. Kami perlu untuk meningkatkan feeling dengan motor, agar lebih kompetitif dan stabil. Kami cukup kuat, tapi tidak benar-benar konstan. Secara umum, feeling untuk lebih cepat meningkat, terutama lebih konstan selama long run (simulasi balap),” kata Lorenzo menjelaskan.

“Saya pikir, peningkatan terbesar adalah di tikungan. Tapi saya belum sepenuhnya nyaman dan masih belum bisa mendapatkan potensi maksimal. Mungkin setelan lain akan membantu saya untuk menemukan feeling yang saya butuhkan,” tukasnya.

Akan tetapi, Lorenzo juga seakan mengirim pesan kepada para pembalap lain untuk mewaspadai betul rekan setimnya, Andrea Dovizioso, yang bakal moncer saat lomba. Meski Desmodovi hanya mencatat waktu tercepat ke-11 pada FP1, tertinggal 1,557 detik dari Vinales.

“Mungkin dia (Dovi) akan mengakhiri sesi di depan saya, karena dia satu-satunya pembalap (pada FP1) yang tidak memakai ban soft. Menggunakan ban hard saya dia sudah cepat,” ujar Lorenzo yang ikut merayakan ulang tahun ke-31 Dovi di garasi tim Ducati.

Dovi tampaknya juga mulai mengumbar rahasia: "Dengan kompon ban yang sama, saya hanya tertinggal 0,2 detik dari Vinales. Kompon medium adalah ban lomba."(exe/ist)


0 Komentar