Sabtu, 25 Maret 2017 19:01 WIB

JK Minta Sarana Serta Venue Perhelatan Asian Games 2018 Segera Rampung

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Danang Fajar
Wapres Jusuf Kalla bersama Menpora Imam Nahrawai dan Menko PMK Puan Maharani saat rapat terbatas persiapan venue Asian Games (Ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Jelang perayaan pesta olahraga Asian Games 2018. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta, Indonesia sebagai tuan rumah harus mempunyai capaian terbaik selain bentuk prestasi para atlet yang berlaga.

"Hal yang harus diraih dalam penyelenggaraan Asian Games salah satunya adalah pembangunan sarana atau venue," ujar JK, di Jakarta, Sabtu (25/3/2017).

Menurut, JK yang juga menjabat Ketua Pengarah Asian Games 2018, dengan sarana serta tempat berlangsungnya pertandingan (Venue) sudah terselesaikan, para atlet juga akan semangat untuk menjadi terbaik.

"Dengan jumlah total atlet lebih dari 9.000 ditambah dengan media serta official, semuanya harus tertata dengan baik, yang penting bagaimana atlet dapat hasilkan prestasi baik dan acara terlaksana baik," katanya.

Sementara itu, besok Wakil Presiden RI bersama Menko PMK dan juga beberapa pihak terkait direncanakan melakukan kunjungan ke berbagai tempat penyelenggaran Asian Games 2018 untuk mengecek persiapan Infrastruktur yang berada di Jakarta dari Gelora Bung Karno (Stadion, Aquatic Tempat Renang, Istora), Velodrome Rawamangun, Pacuan Kuda Pulomas dan Wisma Atlit Kemayoran.

Jadi sebelum pesta olahraga se-Asia itu dimulai, akan diadakan test event pada bulan Oktober-November 2017 dengan melibatkan 10-15 negara peserta dan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Dengan test event akan dapat mengetahui sejauh mana kesiapan baik dari segi infrastruktur maupun atlet.

Sekedar informasi, Asian Games XVIII Tahun 2018 kali ini menyediakan 1821 medali emas (Jakarta 1.411 dan Palembang 410) dari 484 nomor cabang olahraga. 

Sedangkan total Atlet yang diterjunkan dalam perhelatan kali ini sebanyak 11.347 orang yang terbagi atas Atlet yang bermain di Jakarta sebesar 7.965 (70.2 %) dan di Palembang sebesar 3.382 (29.8%). Secara umum persiapan pembangunan infrastruktur yang meliputi Wisma  Atlet dan Venues pertandingan telah sesuai dengan target yang direncanakan.


0 Komentar