Rabu, 19 April 2017 16:25 WIB

Populi Center Sebut 78 Persen Pendukung AHY Beralih ke Anies

Editor : Sandi T
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - 78 persen pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, beralih mendukung pasangan calon nomor urut tiga Anies-Sandi. 

Hal tersebut berdasarkan survei dari Public Opinion & Policy."Dilihat dari exit poll, 78 persen suara mas Agus itu lari ke Anies. Ya itu bisa dipahami dari karakteristik pemilih pak Anies yang sama dengan pak Agus," ujar Direktur Public Opinion & Policy Research atau Populi Center,  Usep S. Ahyar Rabu (19/4/2017).

Lanjut Usep, walaupun peta politik AHY tidak kompak memberikan dukungan pada Anies, hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Sebab, sejumlah partai politik pendukung itu tidak solid, seperti PKB atau PPP. "Kecuali memang partai yang mengusung ya, kayak Demokrat dulu ke AHY, lalu PDIP ke Ahok, dan PKS misal ke Anies," ucap Usep.

Tak hanya itu, berdasarkan peninjauan Populi Center, kata Usep, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menurun setelah timbulnya kasus penistaan agama yang tengah menjeratnya. 

"Jadi seluruh komponen penilaian, unsur SARA banyak mempengaruhi," tandasnya.


0 Komentar