Rabu, 26 April 2017 08:10 WIB

Korut Lakukan latihan Militer Besar-besaran

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi militer Korut. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Korea Utara (Korut) dilaporkan melakukan latihan militer besar-besaran sebagai bentuk perayaan atas hari jadi Angkatan Bersenjata mereka.

Latihan ini juga dilakukan bertepatan dengan merapatnya kapal selam Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel). 

Adanya latihan perang ini turut disampaikan oleh militer Korsel. Seoul menuturkan, mereka memantau dengan ketat latihan perang yang dilakukan oleh tetangga mereka tersebut.

"Korut sedang melakukan latihan perang skala besar di daerah Wonsan siang ini. Militer Korsel terus memantau situasi dan meningkatakan kewaspadaan," kata Kepala Staf Gabungan Korsel, seperti dilansir Reuters pada Selasa (25/4).

Sementara itu, kantor berita Korsel, Yonhap melaporkan, latihan tersebut kemungkinan besar diawasi langsung oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Latihan perang ini juga disebut-sebut sebagai bentuk penolakan Korut atas imbauan dari dunia internasional, termasuk China untuk menahan diri dari melakukan tindakan yang bisa meningkatkan ketegangan di kawasan.

Seperti diketahui, China kemarin mendesak AS dan Korut untuk menahan diri. Presiden China, Xi Jin-ping bahkan langsung menyampaikan desakan tersebut kepada Presiden AS, Donald Trump saat keduanya terlibat dalam percakapan telepon, kemarin.(exe/ist)


0 Komentar