Jumat, 05 Mei 2017 21:01 WIB

Obamacare Resmi Dihapus, Warga AS Gelar Aksi Protes

Editor : Rajaman
Warga AS Gelar Aksi Demo Menolak Penghapusan Obamacare (ist)

WASHINGTON, Tigapilarnews.com- Penghapusan UU jaminan kesehatan warga AS alias Obamacare memicu aksi protes dari warga AS. Presiden AS Donald Trump, Jumat (5/5/2017), menyatakan Obamacare telah sepenuhnya dicabut pemberlakuannya.

Namun, sembari Trump merayakan kemenangannya atas Obamacare, warga AS melakukan aksi protes atas dihapusnya UU jebolan mantan Presiden AS Barack Obama itu.

Aksi protes terpantau terjadi di New York dan Washington, di mana Gedung Putih dan Gedung Capitol menjadi target.
Para pendemo beramai-ramai meneriakkan kata "Memalukan!" di halaman gedung Kongres AS dan membawa papan-papan bertuliskan "Warga AS Selamatkan Obamacare" dan "Bukan Presiden Saya".

Aksi protes didukung oleh sejumlah politisi Partai Demokrat, yang menentang keras penghapusan Obamacare oleh Partai Republik.

"Tugas kita sekarang menghimpun jutaan warga AS untuk menolak UU pengganti dari Republik agar tidak lolos di level Senat," kata Bernie Sanders, politisi Demokrat.

Berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh Kongres AS, Obamacare akan resmi digantikan oleh UU baru yang dijanjikan lebih baik.

"Obamacare sudah dihapus," demikian cuit Trump di akun Twitter-nya.

"Kami sudah punya penggantinya, yang menurut saya adalah yang terbaik di dunia dan kami sudah tak sabar untuk memperkenalkannya," katanya.

Obamacare rencananya akan digantikan UU Layanan Kesehatan AS, yang akan menyedot anggaran Obamacare dan memotong anggaran untuk program jaminan kesehatan untuk warga miskin.

Melalui UU baru tersebut, denda juga akan diberlakukan jika warga tidak ikut program asuransi jiwa.


0 Komentar