Rabu, 17 Mei 2017 15:06 WIB

Ketua DPR: Kunjungan Presiden Lithuania Perkuat Hubungan Bilateral

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Ketua DPR, Setya Novanto berharap Kunjungan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskatie mampu memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania.

“Sejak hubungan diplomatik terjalin pada tahun 1993, kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Novanto di gedung DPR, Rabu (17/5/2017).    

Meski nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar, jelas Novantoi, namun pada tahun 2016 tercatat sebesar 38,6 juta US dollar. 

“Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan,” harapnya.

Ia menjelaskan, kedua negara, dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral, di antaranya  kerja sama di bidang energi terbarukan. 

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.      

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, kerja sama antarparlemen sudah tentu juga penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu pula, kerja sama antara Parlemen Lithuania dan DPR RI, perlu dikembangkan dan ditingkatkan.  

Oleh karena itu, untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact juga perlu dikembangkan, terutama melalui kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.  

Kemudian, ia menambahkan letak kedua negara yang berjauhan, kiranya tidak menjadi penghambat bagi masyarakat Indonesia dan Lithuania untuk bisa saling mengenal lebih dekat.


0 Komentar