Kamis, 18 Mei 2017 19:31 WIB

NasDem: Bicara Pancasila Harus Tulus

Editor : Rajaman
Syarief Abdullah Alkadrie (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sekretaris Partai Partai NasDem DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie menegaskan apabila bicara Pancasila harus tulus dari hari nurani dan bukan hanya kedok semata untuk dinilai sebagai figur Pancasilais.

"Bicara Pancasila sebagai pilar bangsa ini harus murni dan tulus dari hati nurani, jangan hanya dijadikan tameng semata," kata Syarief Abdullah dalam keterangan pers, Kamis (18/5/2017).

Dia menilai ada oknum-oknum pejabat maupun tokoh masyarakat yang membicarakan Pancasila namun kenyataannya beda.

Menurut dia jangan bicara Pancasila hanya semata-mata mau dinilai Pancasilais, namun beda dengan perilaku di lapangan.

"Harusnya apa yang dikeluarkan menjadi statement seiring dengan isi hati dan diwujudkan di lapangan bukan kepura-puraan," ujarnya.

Dia mengaku gerah dengan sikap-sikap seperti itu yang menjadikan Pancasila sebagai alat untuk kepentingan kelompok maupun golongan.

Menurut dia Pancasilais itu tidak memperbesar dan memperuncing maupun membenturkan suku, agama, ras maupun mayoritas dengan minoritas, kaya dan miskin, penguasa dan rakyat, putera daerah atau pendatang.

"Namun Pancasilais mempersatukan semua perbedaan dan keberagaman itu sebagai satu kesatuan yang menjadi kekayaan maupun kekuatan bangsa," katanya.

Menurut dia Indonesia adalah negara yang majemuk dan seharusnya kemajemukan itu sebagai kekuatan untuk menjadi suatu bangsa yang besar.

Dia mengatakan selama ini Indonesia sudah menjadi contoh dari Negara-negara lain dengan keberagaman tapi bisa bersatu.


0 Komentar