Minggu, 21 Mei 2017 14:54 WIB

Gelora Diminati Kuningan dan Beltim, Kemenpora Siap Gandeng BPJS Kesehatan

Editor : Yusuf Ibrahim
Staf Ahli Menpora Bidang Politik, Yuni Poerwanti. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Penggagas acara Gerakan Keluarga Berolahraga Ceria (Gelora) sekaligus Staf Ahli Menpora Bidang Politik, Yuni Poerwanti, sangat berbahagia event yang diinisiasinya berjalan sukses.

Pasalnya, Menpora Imam Nahrawi bersama istrinya, Shobibah Rohmah dan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, ikut melepas Gelora di depan halaman Kantor Walikota Bekasi, Minggu (21/05/2017).

“Kami tak menyangka jumlahnya pesertanya mencapai 7.000 jiwa. Sebelumnya kamia hanya menargetkan sekitar 3.000 keluarga saja yang bakal ikut ambil bagian,” ucapnya.

Bukan hanya itu, dengan begitu banyaknya warga yang ikut ambil bagian di acara ini, menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berolahraga di Indonesia, ternyata sangat tinggi.

Yuni juga menambahkan, acara pemecahan rekor dunia ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

“Sebelumnya, data BPS menunjukkan kalau minat masyarakat di Indonesia untuk berolahraga sangat kecil, hanya mencapai 25 persen. Tapi buktinya pagi ini, masyarakat begitu antusias berolahraga.”

Menurutnya, sudah ada beberapa daerah yang ingin menggelar acara serupa, di antaranya Kuningan, NTT, dan Belitung Timur.

Untuk menunjang kegiatan berolahraga, Yuni akan menggandeng Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Dengan rajin berolahraga, berarti masyarakat akan sehat dan BPJS tidak akan menanggung banyak biaya pengobatan, dan dengan sendirinya iuran BPJS bisa diturunkan, bukan malah dinaikkan,” katanya menambahkan.

Kebiasaan berolahraga, terutama bagi anak-anak, harus dimulai dari keluarga karena dengan berolahraga, badan tidak hanya lebih sehat, tapi meningkatkan daya tahan tubuh. Pola hidup sehat menurut mantan plt Sekretaris Menpora itu harus ditularkan kepada seluruh anggota keluarga.

“Persoalannya, tidak banyak keluarga yang suka berolahraga dan punya waktu untuk melakukannya secara teratur. Karena itulah, kita melihat bahwa sekarang ini banyak anak-anak yang mengalami obesitas karena kurang gerak dan lebih tertarik dengan gadget dibanding olahraga,” katanya.

Acara Gelora yang digelar Kemenpora dan Pemkot Bekasi ini semakin semarak dengan banyak door prize yang disediakan untuk para peserta, seperti sepeda, rice cooker, kipas angin dan peralatan olahraga. (exe/ist)


0 Komentar