Senin, 22 Mei 2017 16:01 WIB

Rancang Strategi Human Capital, Bappenas Gelar Lokakarya Internasional

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Bambang Brodjonegoro (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Badan Perancangan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar lokakarya bertajuk 'Peer Learning and Knowledge Sharing Workshop on Skills Development Strategy Formulation' di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri PPN, Bambang Brodjonegoro tersebut bertujuan menyusun strategi pengembangan keterampilan khususnya terkait sumberdaya manusia sebagai aset (human capital) menghadapi bonus demografi yang akan terjadi pada 2030-2040.

"Acara ini diharapkan mampu menghasilkan kerangka kerja yang komprehensif untuk pembangunan keterampilan nasional," ucap Bambang dalam sambutannya.

Nantinya, melalui acara yang dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah negara seperti Algeria, Jordan, Tunisia, Kazakhstan, Senegal, Togo, Korea, Norwegia, Portugal, Mesir, Maroko, dan Malaysia itu muncul rekomendasi kepada pemerintah dan pemangku kepentingan dalam melaksanakan strategi pembangunan keterampilan.

"Saya berharap acara ini dapat menghasilkan dialog konkret dan konstruktif tentnag bagaimana Indonesia dapat lebih efektif berkontribusi dalam pembangunan," tutupnya.

Sekedar informasi, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi pada tahun 2030-2040 mendatang, pada masa tersebut sekira 64 persen dari jumlah penduduk 297 juta jiwa di Indonesia akan berada pada angka usia produktif yang lebih besar. Perencanaan menyusul masa tersebut dinilai penting lantaran dampaknya bisa berakhir negatif atau poisitif bagi kemajuan bangsa.


0 Komentar