Selasa, 23 Mei 2017 22:10 WIB

Legenda James Bond Meninggal Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Sir Roger Moore. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Aktor kondang asal Inggris, Sir Roger Moore, meninggal dunia pada Selasa (23/05/2017) dalam usia 89 tahun di Swiss.

Roger dikenal dunia internasional atas perannya sebagai agen flamboyan James Bond dalam sejumlah film.  Kabar meninggalnya Roger itu diumumkan keluarga lewat akun Twitter resminya. Mereka menyatakan, aktor tampan itu meninggal setelah berjuang melawan kanker. 

“Terima kasih ayah telah menjadi ayah dan menjadi sangat spesial bagi banyak orang. Dengan hati yang terberat, kami harus berbagi kabar buruk bahwa ayah kami, Sir Roger Moore, telah meninggal dunia. Kami semua sangat berduka,” tulis tiga anak Roger di akun Twitter ayah mereka. 

Menurut anak-anak Roger, ayah mereka akan dimakamkan di Monaco dengan upacara tertutup. Pemakaman itu sesuai keinginan Roger. 

Putra seorang polisi London, Roger pernah mengatakan, citra yang dia gambarkan di depan dan belakang layar merupakan kedok yang dipelihara dengan hati-hati terhadap sifatnya yang pemalu dan penakut.

Dikutip Reuters, dia juga pernah mengatakan, ketakutan saat harus beradegan ranjang yang merupakan bagian penting film-film Bond. 

Gebrakan besar Roger sebagai aktor muncul pada 1962 ketika dia memenangkan bagian The Saint, serial televisi populer dengan nama yang sama. Di peranan itu, dia mengasah citranya sebagai orang Inggris sopan yang harus menyelamatkan gadis-gadis muda yang terlibat masalah. 

Pada 1973, namanya mulai mencuat di seluruh dunia setelah memerankan James Bond. Film-film Bond yang dibintangi Roger disebut memberikannya USD22 juta. 

Roger menjalani peran itu selama 12 tahun. Dia kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk menghindari pajak. 

“Saya tidak tahu mengapa seseorang tidak boleh melakukan apa yang dia suka dan tinggal dimana dia mau dengan uangnya. Dan, pemerintah Inggris yang membiarkan seorang berbakat lari ke luar negeri karena pajak, hanya akan menyalahkan dirinya sendiri,” ujar Roger dalam sebuah wawancara pada 1989. 

Setelah menyerahkan peran Bond kepada Timothy Dalton, Roger jadi semipensiun. Dia hidup bak jutawan dan bepergian antara rumah-rumahnya di Los Angeles, Swiss dan selatan Prancis. 

Pada 1991, dia menjadi duta UNICEF. “Kami tahu kasih sayang kami dan kekaguman kami akan terus bertambah, di seluruh dunia, oleh orang-orang yang mengenalnya atas film-filmnya, show televisinya dan ketertarikannya bekerja untuk UNICEF yang dia anggap sebagai prestasi terbesarnya,” papar anak-anak Roger. 

Roger meninggalkan tiga anak dan seorang istri, yaitu Kristina “Kiki” Tholstrup, yang merupakan istri keempatnya. Mereka menikah pada 2002. 

“Cinta yang mendampinginya selama hari-hari terakhrinya sangat besar sehingga tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Pikiran kami sekarang harus berubah untuk mendukung Kristina di masa-masa sulit ini,” tutur pernyataan tiga anak Roger—Deborah, Geoffrey dan Christian—seperti dikutip BBC.(exe/ist)


0 Komentar