Jumat, 26 Mei 2017 15:31 WIB

Sabtu Besok, Umat Muslim Saudi Berpuasa

Editor : Rajaman
warga Arab Saudi Melaksanakan ibadah puasa (ist)

RIYADH, Tigapilarnews.com -Umat muslim di Arab Saudi mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan Sabtu (27/5/2017) besok.

Ketetapan tersebut disampaikan Mahkamah Agung Arab Saudi. Dikutip dari Al Arabiya, penentuan 1 Ramadan dilakukan setelah otoritas keagamaan negara tersebut tidak melihat adanya bulan sabit pada Kamis (25/5/2017) waktu setempat. 

Selain itu, umat muslim di Uni Emirat Arab (UEA) dan Libanon juga akan mulai berpuasa di tanggal yang sama dengan di Arab Saudi. 

Di Indonesia, penentuan awal 1 Ramadan akan dilakukan melalui sidang Isbat dijadwalkan akan berlangsung hari ini. Prosesi sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB. Sedangkan sidang isbatnya sendiri baru akan dimulai selepas maghrib. 

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.


0 Komentar