Jumat, 26 Mei 2017 14:31 WIB

DPR: Kemunculan Terorisme Karena Faktor Sosial-Ekonomi

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Rajaman

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR RI, Abdul Kadir Karding menilai, terorisme sebagai tindak kejahatan  muncul karena beragam faktor. Namun, tidak bisa dilihat hanya sebatas persoalan ideologis serta hukum.

"Terorisme berkembang salah satunya karena faktor kesenjangan sosial ekonomi yang makin tinggi. Hal ini membuat sebagian masyarakat merasa tidak diperlakukan secara adil oleh negara," ujar Abdul Kadir dalam keterangan pers, Jumat (26/5/2017).

Menurutnya, dari kekecewaan terhadap negara, perasaan semacam itulah memunculkan kemudian paham-paham radikal dan teror mudah tertanam dalam benak pikiran seseorang.

"Selama jurang kesenjangan sosial ekonomi masih ada maka terorisme akan tetap tumbuh di Indonesia. Prinsipnya keadilan sosial harus benar-benar bisa diwujudkan,” katanya.

Selain itu, paham terorisme bukan berasal dari sejarah Indonesia. Sebab, Indonesia adalah bangsa ksatria tidak mengorbankan pihak tak bersalah dalam berperang.

"Sejarah peperangan antarsuku dan kerajaan di masa lampau menunjukkan bangsa ini tidak pernah memerangi pihak yang tak bersalah,” jelasnya.


0 Komentar