Sabtu, 27 Mei 2017 09:42 WIB

Bisa Menilang, Dubai Tugaskan Robot Jadi Polisi

Editor : Yusuf Ibrahim
Dubai kembangkan teknologi robot untuk membantu tugas kepolisian. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bila Anda pernah menonton film Robocop, pasti Anda akan melihat sebuah robot berperan sebagai polisi.

Meski peran tersebut hanya berada di sebuah film, nyatanya teknologi ini coba dikembangkan di Dubai. 

Dikabarkan, ibukota Uni Emirat Arab ini akan menugaskan sebuah robot untuk menjadi polisi. Dengan tinggi sekitar 1,6 meter, robot ini akan bertugas menerima laporan dari masyarakat termasuk urusan tilang menilang.

"Peluncuran operasional Robocop pertama di dunia ini menjadi tonggak bersejarah bagi Uni Emirat Arab sekaligus mewujudkan visi Dubai sebagai pemimpin global dalam adopsi teknologi untuk kota pintar," ujar Brigadir Jendral Khalid Nasser Al Razzouqi, Direktur Jendral dari Smart Services di Dubai, dilansir dari Daily Mail.

Selain itu, robot polisi ini dilengkapi dengan kemampuan memindai wajah dari jarak 20 meter. Ada pula layar sentuh di bagian dada yang berfungsi untuk melaporkan tindak kejahatan.

Robot ini juga memiliki mikrofon yang terhubung langsung dengan pusat layanan kepolisian Dubai. 

Meski masih berwujud konsep, regulator setempat memang sudah berencana untuk memberdayakan robot untuk membantu tugas kepolisian. Bahkan ditargetkan 25 persen dari anggota kepolisian akan diisi oleh robot.(exe/ist)


0 Komentar