Jumat, 02 Juni 2017 16:47 WIB

Bangunan Pasar Sukapura Dibiarkan Bobrok, Pedagang Ngeluh

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Pasar Sukapura Cilincing, Jakarta Utara, terlihat kumuh. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sejumlah pedagang di Pasar Sukapura menyatakan, hampir empat tahun lebih, bangunan Pasar Sukupura di Jalan Tipar Cakung, Cilincing, Jakarta Utara dibiarkan bobrok. 

Tak jarang banyak pedagang mengklaim pihak pengelola pasar terlihat sengaja dibiarkan dengan kondisi bangunan pasar tersebut yang menjadi rawan ambruk.

"Atapnya sudah bobrok, rapuh, dan sebenarnya harus dilakukan renovasi total. Soalnya, kadang ada saja material kayu itu ambruk ke bawah. Kalau hujan, merembes kadang masuk ke dalam. Ditambah lagi, lantai retak semua," ujar seorang pedagang bumbu masakan di Pasar Sukapura, Rudi (41), Jumat (2/6/2017).

Rudi mengatakan, banyak pedagang Pasar Sukapura lebih memilih berdagang di tempat lain, karena beralasan tidak kuat akan kondisi bangunan Pasar Sukapura. 

Ia menambahkan, hampir empat tahun lebih, pihak pengelola di Pasar Sukapura membiarkan kondisinya seperti tersebut.

"Kami, pedagang sudah meminta pihak pengelolanya itu (PD Pasar Jaya) agar renovasi total bangunan pasar ini. Pedagang di sini bertahan karena sudah tidak punya banyak dana untuk pindah. Kalau yang sudah kabur atau pindah berjualan, mereka tidak kuat karena pembeli di Pasar Sukapura saat ini menurun. Karena pembeli berpikir pasarnya yang bobrok pasti dagangannya jorok," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan pedagang telur ayam, Hasbi (39). Ia membenarkan terkait sepinya pembeli di Pasar Sukapura tersebut. Selain sepi, banyak pedagang mengeluhkan listrik yang seringkali padam, dan atap yang sudah lama tak dilakukan perbaikan.

"Kalau sepi, pasti sepi karena kondisinya Pasar Sukapura dibiarkan (PD Pasar Jaya) seperti ini. Pedagang di sini berharap, renovasi total bangunan. Tujuannya agar dilihat layak seperti pasar pada umumnya," pungkas Hasbi.


0 Komentar