Kamis, 15 Juni 2017 11:56 WIB

50 Persen Pengendali Narkoba Berasal dari Lapas

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Sandi T
Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol Budi Waseso

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso mengatakan, 50 persen pengendali narkoba berasal dari Lapas.

"Hampir 50 persen pengendali peredaran narkoba berasal dari lapas," kata Buwas di BNN, Kamis (15/6/2017) siang.

Buwas melanjutkan, para bandar bisa mengendalikan peredaran narkoba lantaran mendapat fasilitas mewah di dalam Lapas.

"Yang kemarin kita geledah di Lapas Cipinang. Kita temukan ruang mewah dengan fasilitas ada laptop, Ipad, wifi, HP. Bahkan ada Lapas di Medan, ruangan mewah tersebut punya banker narkoba," kata Buwas.

Tidak hanya itu, sekitar 70 persen penghuni lapas di Indonesia merupakan narapidana kasus narkoba, sisanya 30 persen merupakan narapidana kasus terorisme, korupsi dan kriminal lainya.

Terkait Lapas Mewah Cipinang, anggota Komisi III DPR RI saat melakukan sidak tidak menemukan Lapas Mewah di Lapas Cipinang. Menanggapi hal tersebut Buwas mengatakan, jika sidaknya bilang dulu kepada pihak Lapas pasti hasilnya akan berbeda.

"Tergantung, kalau anda sidak terus anda bilang-bilang dulu sama orang Lapas ya anda tidak menemukan Lapas Mewah," pungkas Buwas.

Selain itu, Anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang sempat mengatakan BNN tidak berhak melakukan sida ke Lapas. Mendengar itu, Buwas mengklarifikasinya. 

"Kita tidak melakukan sidak. Kita datang ke Lapas hanya ingin mengungkap jaringan narkoba di Lapas. BNN memang tidak berhak melakukan sidak, kami hanya mengungkap," pungkas Buwas.


0 Komentar