Minggu, 18 Juni 2017 19:25 WIB

AL Iran dan Cina Latihan di Selat Hormutz

Editor : Eggi Paksha
Salah satu armada Angkatan Laut China, perusak rudal Chang Chun. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Angkatan Laut Iran dan Angkatan Laut Cina dilaporkan melakukan latihan gabungan di Selat Hormutz.

Selat Hormuzt adalah sebuah selat yang berada diantara Teluk Persia dan Teluk Oman. 

Kantor berita Iran, Mehr, melaporkan Armada Angkatan Laut Cina yang akan berpartisipasi dalam permainan perang terdiri dari perusak rudal Chang Chun, kapal pengisian Chao Hu, kapal selam Jin Zhou dan sebuah helikopter. Kapal-kapal China tersebut sudah tiba di Teheran pada tengah pekan lalu.

"Latihan di Selat Hormuz bertujuan untuk memperkuat hubungan persahabatan antara Teheran dan Beijing serta untuk mempromosikan kolaborasi maritim," bunyi laporan Mehr, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (18/06/2017).

Latihan itu sendiri dilakukan di tengah krisis diplomatik di Teluk Persia setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar pada 5 Juni dan menghentikan semua komunikasi dengan Doha, menuduhnya mendukung terorisme dan mencampuri urusan dalam negeri mereka. 

Tidak lama kemudian, Maladewa, Mauritius, dan Mauritania juga mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik. Yordania dan Djibouti mengurangi tingkat misi diplomatik mereka di Qatar. Senegal, Niger dan Chad memanggil Duta Besar mereka di Doha.(exe/ist)
 


0 Komentar