Kamis, 13 Juli 2017 16:31 WIB

Jokowi Sebut Tiga Provinsi Kandidat Kuat Ibukota Baru

Editor : Rajaman
Presiden Joko Widodo saksikan Final Piala Presiden (Ist)

BALIKPAPAN, Tigapilarnews.com - Ada tiga kandidat kuat propinsi yang bakal menjadi calon ibukota baru. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, ketiga propinsi itu masuk dalam kajian Bappenas.

"Ada tiga tempat memang, tiga provinsi yang masuk dalam kajian," kata Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017).

Meski demikian, Jokowi masih belum mau membocorkan provinsi mana saja yang dimaksud. Pasalnya semua masih dikaji dan bisa berubah setiap saat.

"Apakah di sini, apakah di provinsi yang lain tidak saya buka dulu. Kalau saya buka misalkan di Kaltim, kemudian tahu di mana, misalnya Brau, nanti semua orang beli tanah di sana, enggak jadi pindah nanti. Harga tanah langsung melambung," imbuh dia.

Namun kabar yang beredar ketiga propinsi itu adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, menyampaikan kesiapannya untuk menjadi ibu kota. Jokowi menyebut, semua masih dihitung dan dikalkulasi.

"Tapi kalau saya lihat di sini, ya siap. Tapi jangan tepuk tangan dulu nanti enggak di sini waduh enggak jadi," ucap dia.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memindahkan ibu kota. Kajian mengenai kebencanaan, keekonomian, sosial politik, infrastruktur, dan biaya. Banyak negara sudah memindahkan ibu kota dan memisahkan kota ekonomi dengan kota pemerintahan.

"Memang banyak negara sudah memindahkan, memisahkan antara bisnis dan pemerintahan antara ekonomi dan pemerintahan. Sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," pungkas Jokowi. 


0 Komentar