Minggu, 16 Juli 2017 18:29 WIB

Pemkot Ambon Ajukan Rp10 Miliar untuk Kembangkan Pemuda dan Olahraga

Editor : Yusuf Ibrahim
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Morits Robert Lantu (kanan). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Kota Ambon menyebutkan memiliki empat cabang olahraga unggulan, yakni tinju, atletik, anggar dan sepak bola.

Guna menunjang pelaksanaan hal tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon telah menyiapkan sejumlah program kerja secara periodik sehingga nantinya mampu melakukan pengembangan dan menghasilkan prestasi gemilang.

Hanya saja diutarakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Morits Robert Lantu, tidak bisa melakukannya sendirian. Utamanya untuk menyiapkan anggaran yang sangat besar.

"Misalnya saja atletik. Tidak hanya atletnya, tapi ada juri dan wasit yang harus kita siapkan," ujarnya kepada Tigapilarnews.com usai pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Kota Ambon, Sabtu (15/07/2017).

Dilanjutkannya, dinas tersebut baru tumbuh pada Januari 2017. Dampaknya, mempengaruhi kekuatan atau ketersediaan dana. "Kita menipis atau minus sekali. Sementara untuk pelaksanaan olahraga saja kita butuh dana besar dan kini tengah kita perjuangan," tegasnya.

Alhasil, diungkapkannya, tahun ini hanya bisa fokus untuk membina bidang kepemudaan. Sedangkan jika diharapkan menunjang keduanya secara total, dikatakannya lagi, membutuhkan dana sedikitnya Rp10 miliar.

"Kita optimis mendapatkan dana tersebut karena banyak prestasi yang sudah diraih. Terlebih dengan dilihatnya paparan program kepada dewan dan pihak-pihak terkait lainnya, kemudian kita juga terus kasih kader-kader terbaik di olahraga dan pemuda," ujarnya.

Sejauh ini, masih dikatakannya, hanya kegiatan seleksi Paskibra yang bisa diakomodir dengan maksimal. "Untuk tahun ini kita dapat putra-putri dari Ambon yang lolos ke tingkat Maluku dan selanjutnya ke tingkat nasional," tuturnya.

Sementara itu, terkait kelanjutan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 dijanjikan tidak berhenti begitu saja.

Pelaksaan program yang menjadi bagian dari gerakan #AyoOlahraga oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Ambon, diikuti 500-an peserta dari berbagai kalangan.

"Kami di daerah akan berupaya menggelorakannya setahun dua kali atau tiga kali. Sebab ini sangat baik dan sehat. Apalagi tidak memakan energi minyak yang banyak. Dari sisi kesehatan yang lebih kita perhatikan. Sebab sangat baik untuk diri kita dan keluarga juga," tukasnya.(exe)


0 Komentar