Selasa, 18 Juli 2017 16:31 WIB

Beli Bus Sedang, PT Transjakarta Kerja Sama dengan Perbankan Syariah

Editor : Hermawan
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Transjakarta dengan salah satu perbankan syariah di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (18/7/2017). (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi kesepakatan kerja sama PT Transjakarta dengan salah satu perbankan syariah nasional untuk pinjaman pembelian bus sedang. 

Djarot berharap, fasilitas pinjaman dengan pola pembiayaan murabahah yang diberikan perbankan syariah naional ini bisa dimanfaatkan pula oleh pengusaha angkutan umum di Jakarta untuk meremajakan unit kendaraan mereka.

Menurut Djarot, peremajaan kendaraan akan berpengaruh pada penghasilan mereka. Sebab, masyarakat pasti akan memilih kendaraan umum yang laik, nyaman dan nyaman.

"Agar ada kepastian mereka harus gabung ke Transjakarta. Sebab, mereka akan dibayar rupiah per kilometer dan tidak ada bus yang ngetem lagi," ujar Djarot, Selasa (18/7/2017).

Hal senada disampaikan Dirut PT Tansjakarta, Budi Kalowono. Dia mengatakan, pihaknya akan membayar pemilik kendaraan umum yang bergabung dengan manajemen Transjakarta dengan sistem rupiah per kilometer. 

"Kepemilikan tetap punya mereka. Hanya sistemnya mengikuti kita, agar rapi dan teratur," katanya.

Budi menjelaskan, pihak bank menyiapkan pembiayaan maksimum hingga Rp 562 juta untuk setiap unit bus sedang.

Dengan sistem pembiayaan murabahah pemilik akan melakukan sistem bagi hasil equivalen 11 persen selama 7 tahun.

Dalam perjanjian kerja sama ini, pihak bank sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 168 miliar untuk pembelian 300 unit bus sedang. Pembiayaan dilakukan bertahap dan awalnya akan dimulai dengan 50 unit. (ist)

 


0 Komentar