Kamis, 27 Juli 2017 16:08 WIB

Kemenpora Kasih Solusi Cegah Penyakit Alzheimer

Editor : Yusuf Ibrahim
Staf Ahli Kemenpora Bidang Politik, Yuni Poerwanti (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Staf Ahli Kemenpora Bidang Politik, Yuni Poerwanti, menggelar pameran sebagai peserta Diklatpim Tingkat I Angkatan XXXV, di Aula Gedung Graha Makarti PPLPN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Kamis (27/07/2017) pagi.

Bersama 27 pimpinan dari sejumlah kementerian, pemda, dan lembaga negara, Yuni Poerwanti yang juga merangkap sebagai Plt Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, memamerkan tenis meja mini, rockport test, dan program Kemenpora Gerakan Keluarga Berolahraga (Gelora).

Tenis meja mini yang ditampilkan Yuni Poerwanti, disebut-sebut sangat ampuh untuk mencegah penyakit alzheimer.

Sedangkan rockport test dimaksudkan untuk mengetahui kebugaran seseorang hanya dengan mengandalkan stop watch.

“Setelah melalui proses pemanasan dan peregangan, seseorang bisa mengetahui tingkat kebugaran tubuhnya dengan menghitung denyut nadi,” ujar Yuni Poerwanti yang lumayan sibuk melayani pengunjung standnya.

“Setelah berlari atau berjalan sejauh 1 mil atau sekitar 1.609 meter, kita hitung denyut nadinya. Apakah mereka bugar atau tidak, bisa dilihat menggunakan stop watch. Untuk umur 50-59 tahun, bisa dikatakan bugar bila denyut nadinya 41,0 – 45,3 per menit.”

Sementara program lain yang dipamerkan adalah Gerakan Keluarga Berolahraga (Gelora). Program ini pernah dilakukan oleh ribuan orang di Bekasi dan berhasil memecahkan rekor dunia versi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEFRID).

Menurutnya, pameran yang diikutinya ini benar-benar memberikan inspirasi kepada peserta diklat. “Biasanya pameran seperti ini dibuka oleh pejabat eselon I. Tapi kali ini, justru para pejabat Eselon I yang menjaga stand dan memberikan penjelasan kepada pengunjung pameran,” ujarnya tersenyum simpul.

“Ini sungguh luar biasa dan akan dikenang selama-lamanya. Proses pembelajarannya benar-benar sangat terasa. Semoga LAN RI tetap jaya dan menginspirasi seluruh pesertanya dari manapun asal instansinya,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada LAN yang kini genap berusia ke-60.

“Selamat dirgahayu kepada LAN yang kini memasuki usia ke-60. Selamat berkarya dan berbakti untuk negeri, LAN Ku tercinta. Juga saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada kepala LAN, Pak Agus,beserta jajarannya. Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan,” tutupnya.

Selain Kemenpora yang diwakili oleh Yuni Poewanti, ke-27 peserta pameran antara lain NMP2TKI, BPKP, Komnas HAM, Sesneg, Kemsos, Polri, BPS, BPK, Kementerian Agama, Provinsi Jateng, Provinsi Jatim, dan Provinsi Riau.

Para pameran terdiri dari 10 pejabat Eselon I dan 18 pejabat Eselon II di kementerian, lembaga negara, dan pejabat provinsi.(exe/ist)


0 Komentar