Sabtu, 29 Juli 2017 07:06 WIB

Jepang Siapkan Sanksi Tambahan untuk Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Jepang akan menjatuhkan sanksi tambahan kepada Korea Utara (Korut) untuk program senjata.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida, beberapa jam setelah Senat Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Pyongyang.

Kishida mengatakan dengan pihaknya harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan terkait meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh rudal Korut.

Selain itu, fakta bahwa tidak ada usulan konkret untuk menyelesaikan masalah penculikan warga Jepang yang dideklarasikan beberapa dekade yang lalu oleh agen dari Korut juga melatarbelakangi sanksi baru tersebut.

"Mengingat bahwa kita tidak bisa mengharapkan dialog yang berarti, tekanan pada mereka sangat penting," katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/07/2014).

Kishida mengungkapan Jepang akan mengambil langkah untuk membekukan aset lima kelompok, termasuk dua dari China, serta sembilan individu. Namun ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, kelompok tersebut telah terlibat dalam kegiatan yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kishida mengatakan bahwa Jepang telah melakukan kontak dengan sekutu penting seperti AS dan Korea Selatan (Korsel) terkait penjatuhan sanksi tersebut, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Senat AS sepakat untuk memberikan sanksi baru terhadap Korut, Iran dan Rusia, termasuk berusaha untuk menghukum bank asing yang melakukan bisnis dengan Korut.

Korut telah mendapat sanksi PBB sejak tahun 2006 karena rudal balistik dan program nuklirnya. Dewan Keamanan PBB pun telah meningkatkan langkah-langkah untuk menanggapi lima uji coba senjata nuklir dan serangkaian peluncuran rudal.

AS sendiri saat ini sedang mencari sanksi lebih lanjut setelah Korut menguji sebuah rudal bulan ini yang diyakini sebagai rudal balistik antar benua (ICBM).(exe/ist)


0 Komentar