Rabu, 02 Agustus 2017 13:31 WIB

Gunung Sinabung Berstatus Awas

Editor : Rajaman
Gunung Sinambung Erupsi (ist)

MEDAN, Tigapilarnews.com - Gunung Sinabung memuntahkan awan panas sejak pagi hari tadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status Gunung Sinabung saat ini pada level awas (level IV).

"Aktivitas vulkanik masih tinggi, status Gunung Sinabung Level IV (Awas)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers, Rabu (2/8/2017). 

Sutopo menjelaskan, warga diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak gunung. Serta radius 7 km untuk sektor selatan-tenggara. 

"Di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara -timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur dari puncak Gunung Sinabung," jelas Sutopo. 

"Masyarakat yang beraktivitas dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar hujan," imbuhnya. 

Warga yang bermukim di sekitar hilir Sungai Laborus diminta agar waspada mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu sungai. 

"Maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap waspada," tutur Sutopo. 

"Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga berpotensi mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir," urainya. 


0 Komentar