Kamis, 03 Agustus 2017 17:31 WIB

Menkeu Sebut Rakyat Mental Gratisan, DPR: Pemerintah yang Salah

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati. (foto istimewa)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Anggota Komisi XI DPR, Heri Gunawan mengaku geram dengan pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati soal sebutan rakyat bermental gratisan.

Menurut Heri pernyataan semacam itu tidak seharusnya terlontar dari mulut pemerintah. Mengingat pemerintahlah yang bertanggung jawab atas terbentuknya perilaku di masyarakat.

"Yang salah itu pemerintah sendiri. Pemerintahlah yang telah membentuk watak seperti itu," cetus Heri di gedung DPR, Kamis (3/8/2017).

Lanjut, Politikus Gerindra itu menjelaskan, selama ini program kerja yang dimunculkan pemerintah cenderung bersifat jangka pendek, sehingga peran aktif dan pemberdayaan masyarakat menjadi semakin pragmatis.

Salah satu contohnya yakni program pemerintah dengan berbasis kartu 'sakti', menurut Heri, dengan program tersebut masyarakat hanya tinggal terima beres tanpa mendapay penjelasan apapun.

"Sama sekali tidak mendidik. Yang penting masyarakat sudah dapat 'uang duduk'. Semua beres. Segampang itulah pembangunan dijalankan saat ini," tandas Legislator dapil Jabar IV itu.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengakui bahwa investasi di 3 (tiga) sektor yakni infrastruktur, pendidikan, kesehatan sangat mahal.

Tapi, tak ada impian yang tercapai dengan gratis, katanya. Sayangnya, menurut SMI, masyarakat kita maunya yang gratis. Dan mental gratisan tersebut sudah sangat banyak dan sangat buruk bagi Indonesia.


0 Komentar