Rabu, 09 Agustus 2017 14:26 WIB

Pemprov DKI Akui Fasilitas Koridor 13 Transjakarta Masih Banyak Kekurangan

Editor : Hendrik Simorangkir
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Fasilitas di jalan layang bus Transjakarta koridor 13 (Ciledug-Tandean) masih perlu banyak pembenahan setelah diresmikan pengoperasiannya, Rabu, (16/8/2017).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah meninjau jalan layang bus Transjakarta koridor 13 (Ciledug-Tandean). Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan koridor 13 sebelum dioperasikan penuh, Rabu (16/8/2017).

Dari peninjauan itu, Saefullah menilai masih banyak hal yang harus dibenahi setelah jalan layang itu dioperasikan. Operasional bus Transjakarta di koridor 13 dinilai tidak akan efektif apabila hanya terdapat empat halte dan beroperasi pukul 05.00-19.00 WIB. 

Untuk itu, Saefullah mengatakan, Pemprov DKI akan terus memperbaiki kekurangan-kekuranganya yang ada agar target 40.000 penumpang bus dalam sehari dapat tercapai. 

"Pengerjaan bertahap. Nanti setelah sosialisasi akan terus mengalir dikerjakan. Pada tahap awal kami operasikan dua jalur dulu. Kalau sudah oke baru empat jalur," ujar Saefullah, Rabu (9/8/2017).

Saefullah menjelaskan, dari segi konstruksi pembangunan sebenarnya sudah mencapai 100 persen. Namun masih ada beberapa fasilitas yang harus dibenahi, seperti eskalator sumbangan dari perusahaan swasta, halte Adam Malik yang perlu dilebarkan pada sisi kanan dan kiri, perbaikan delapan halte, serta pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Untuk pelebaran halte Adam Malik dan pembangunan tambahan jalan layang di kawasan Puribeta, Tangerang, menjadi tanggung jawab pemerintah setempat lantaran asetnya menjadi aset daerah. Namun, apabila mengalami kekurangan dana, Pemerintah Kota Tangerang bisa meminta bantuan keuangan dari Pemprov DKI.

Sedangkan terkait lampu PJU, Saefullah mengaku ada kegagalan lelang dan sudah putus kontrak. Artinya, Dinas Energi dan Perindustrian harus memilih pemenang kedua dan segera melakukan pemasangan. (ist)


0 Komentar