Kamis, 10 Agustus 2017 15:45 WIB

Kolam Retensi Jadi Bagian Pembangunan Tanggul Laut

Editor : Hendrik Simorangkir
Proyek pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Fase A di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Proyek pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Fase A di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, akan dilengkapi dengan kolam retensi atau polder.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, fungsi kolam retensi ini untuk menampung semua air dari Kali Cakung Drain. Polder ini nantinya akan dilengkapi dengan pompa.

"Keberadaan polder ditargetkan bisa membuat kawasan Cilincing dan sekitarnya terbebas dari banjir," ujar Saefullah, Kamis (10/8/2017).

Saefulah menjelaskan, polder akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. Pembangunan polder ini simultan dan satu paket dengan pembangunan NCICD yang sekarang sedang dikerjakan. "Area yang diperlukan mencapai 5,2 hektare," katanya.

Ia menambahkan, masih ada kebutuhan sebanyak 1,92 hektare yang perlu dibebaskan. Untuk itu, melalui camat setempat akan dilakukan sosialisasi dan inventarisasi.

"Untuk pembebasan lahan, anggarannya ada di Dinas Sumber Daya Air," pungkasnya.


0 Komentar