Rabu, 16 Agustus 2017 15:47 WIB

POPNAS XIV/2017 Diharapkan Optimal dan Dorong Promosi Pariwisata Jateng

Editor : Yusuf Ibrahim
Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora, Washinton (kelima dari kiri) dan didampingi Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Aris Subiyono (ketiga dari kiri). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga mengaku puas terhadap kesiapan  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV 2017 yang hampir mencapai 100 persen.

Sehingga, ajang olahraga pelajar dua tahunan itu  bakal berlangsung dengan baik. Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora, Washinton, yang didampingi Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Aris Subiyono, pada pertemuan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang melaporkan hasil persiapan Kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia di kantor Dispora dan Pariwisata, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/08) siang. 

Mendengar paparan yang disampaikan Kadispora dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Washinton  sangat mengapresiasi dan yakin bahwa provinsi  Jawa Tengah siap  menggelar Popnas dengan baik. 
 
 "Sudah berjalan lancar sesuai laporan Kadispora dan Pariwisata. Kami dari Kemenpora tentu sangat puas, Kami harap even ini bisa berlangsung optimal meski ada beberapa kekurangan " ujar Washinton.
 
Dia mengungkapkan, kegiatan Popnas  yang digelar dua tahun sekali ini bertujuan untuk memantau atlet junior yang nantinya dapat dikirim keajang internasional. “Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga berharap POPNAS memberikan kontribusi yang positif bagi prestasi olahraga,.” Jelas Washinton.
 
POPNAS XIV akan dilaksanakan di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada 10-21 September mendatang. Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2017 mengundang peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia yang mempertandingkan 21 cabang olahraga dengan 287 jumlah nomor. Adapun empat cabang olahraga eksebisi yang juga dipertandingkan antara lain anggar, panjat tebing, sepatu roda serta wushu.
 
Mengusung tema "Nyalakan Gelora Mudamu", POPNAS XIV/2017 bakal diikuti 5.800 peserta dan 1.000 pendamping kontingen tiap Provinsi. Para atlet nantinya akan memperebutkan total 991 medali (287 emas, 287 perak, dan 417 perunggu).
 
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin menyebut 25 venue sudah siap digunakan.
 
"Tinggal venue cabang olahraga dayung di Rawa Pening Ambarawa yang masih harus dibersihkan tanaman liarnya (eceng gondok)," tutur Urip.
 
Menyinggung soal anggaran, Kadispora terbuka menyampaikan total dana yang digunakan memakai APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 28 miliar. Kadispora ingin ajang ini juga bisa menjadi momentum promosi pariwisata Jawa Tengah pada seluruh peserta POPNAS ke-14.
 
Rencananya opening ceremony dan closing ceremony akan diselenggarakan di tempat yang sama, yakni Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang.(exe/ist)

0 Komentar